Pendampingan Guru SDN Jungcangcang 1 Melalui Etnolite Digital Untuk Meningkatkan Pendidikan Literasi Yang Mendukung Deep Learning

Authors

  • Chairul Fajar Tafrilyanto Universitas Madura
  • Laili Amalia Universitas Madura
  • Yuliarsih Universitas Madura
  • Moh. Zayyadi Universitas Madura
  • Siti Nur Maulidia Universitas Madura
  • Rifal Akbar Universitas Madura
  • Khana Zulfana Imam Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i2.2592

Keywords:

Etnolite Digital, Literasi, Pembelajaran Mendalam, Teknologi

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah pendampingan guru SDN Jungcangcang 1 melalui platform EtnoLite Digital untuk meningkatkan pendidikan literasi yang mendukung penerapan deep learning. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, pada hari pertama, peserta diberikan materi pendidikan literasi dalam deep learning dan pengenalan aplikasi etnolite digital (fitur dan penggunaannya). Pada hari kedua, peserta diberikan materi instalasi aplikasi etnolite digital dan implementasi aplikasi etnolite digital. Metode pelaksanaan oleh tim pengabdian adalah 1) Identifikasi Awal (Analisis Permasalahan dan Kebutuhan), 2) Identifikasi Budaya dan Literasi yang Digunakan, 3) Rancangan EtnoLite Digital (Berbasis Budaya & Literasi), 4) Pelatihan dan Pendampingan, 5) Implementasi IPTEKS (EtnoLite Digital), 6) Penilaian dan Evaluasi, dan 7) Keberlanjutan Program. Penggunaan EtnoLite Digital dalam pembelajaran terbukti membantu siswa mengenal dan memahami budaya lokal, sekaligus memudahkan guru dalam menyusun materi ajar berbasis budaya secara lebih efisien dan menarik.

Downloads

Published

2025-09-21

Issue

Section

Articles