Peningkatan Daya Saing melalui Pengembangan Kinerja SDM dan Kemampuan Adaptasi Pasar

Authors

  • Diana Sulianti K. Tobing Universitas Jember
  • Markus Apriono Universitas Jember
  • Sudarsih Universitas Jember
  • Nyoman Gede Krishnabudi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i2.2590

Keywords:

Daya Saing, Manajemen Usaha, Inovasi, Literasi Digital

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) batik di Jember menghadapi sejumlah tantangan. Penelitian menunjukkan bahwa keterbatasan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal manajemen usaha, inovasi desain, dan literasi digital masih menjadi hambatan utama dalam peningkatan daya saing UMKM batik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan yang berorientasi pada pemberdayaan, di mana masyarakat didorong untuk mengenali potensi yang dimiliki, mengidentifikasi masalah yang dihadapi, serta menemukan solusi yang relevan melalui proses kolaboratif antara tim pelaksana dan mitra dampingan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemilik UMKM dan karyawan mempunyai pemahaman dan keterampilan baru tentang literasi digital, manajemen usaha, serta inovasi desain batik. Pemilik kini lebih terampil dalam memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memperluas jaringan pemasaran, serta mampu melakukan pencatatan keuangan digital yang lebih rapi dan akurat.

References

Alfita, R., Nahari, R. V., Pramudia, M., & Kartika, K. 2021. Pelatihan digital marketing untuk UMKM batik. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 5(2). https://doi.org/10.33292/mayadani.v5i2.225

Budi, W. S. I. 2024. Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Batik Sidomulyo Kabupaten Jember. Interelasi, 1(1). https://doi.org/10.24716/vjw2xy93

Fatoni, I. 2024. Strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing melalui pengembangan, desain, dan kualitas produk: Kasus pada pengrajin kain batik di Mayang, Kabupaten Jember. Ekobis Journal of Economy and Business, 1(2). https://doi.org/10.70079/ekobis.v1i2.62

Izzuddin, A., & Halim, M. 2024. Strategi komunikasi pemasaran UMKM Batik Jember: Pendekatan etnografi dalam meningkatkan daya saing. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v11i1.3105

Izzuddin, A., Halim, M., & Wibowo, Y. G. 2024. Peran inovasi, sumber daya, dan modal sosial terhadap ketahanan UMKM batik di Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v10i1.1799

Kementerian Koperasi dan UKM. 2022. Laporan tahunan Kementerian Koperasi dan UKM 2022. Jakarta: KemenkopUKM.

Susanto, Y. B., Suharto, A., & Puspitadewi, I. 2023. Analisis strategi pemasaran UMKM Batik Semboro dengan metode STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(1), 143–148.

Tobing, D.S.K., Apriono, M., Sudarsih., Krishnabudi, N.G., & Salsabila. 2024. The role of work motivation in moderating individual factors that influence employee performance. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 8(3). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i3.6325.

Downloads

Published

2025-09-21

Issue

Section

Articles