PKM Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Situbondo di SD Islam Al Abror
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v3i2.236Keywords:
Pelatihan, Karya Tulis Ilmiah, Karya Tulis GuruAbstract
Kegiatan PKM ini dilakukan pada Lembaga Sekolah Dasar di Kelurahan Patokan Kec.Situbondo yaitu di SDI Al-Abror sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi dan melatih para guru di sekolah tersebut agar mau melaksanakan kegiatan penelitian dan mau menulis karya tulis ilimah secara berkesinambungan. Rancangan mekanisme pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas dari masing-masing tahapan yaitu (1) Perencaanaan, pada tahap ini dilakukan koordinasi awal antara tim pengusul program kemitraan bersama tim sekolah mitra untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada, analisis kebutuhan mitra, dan analisis potensi sekolah, selanjutnya disusun program pelatihan, (2) Pelaksanaan Tindakan, Tindakan dalam kegiatan ini berupa implementasi Program. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam implementasi program meliputi; pembentukan Tim Pelaksana, dan pelaksanaan Workshop Karya Tulis Ilmiah, (3) Observasi dan Evaluasi, Observasi dilakukan terhadap proses pembuatan karya tulis ilmiah (KTI) dan Jurnal Ilmiah oleh para guru mitra. Instrumen yang digunakan berupa catatan lapangan, tahapan akhir yaitu (4) Refleksi, Refleksi dilakukan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
References
Kunandar.2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Raja Wali Pres.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rodakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.