Pelatihan Desain Pembelajaran Paradigma Baru Berbasis Games Dan Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2290Keywords:
Desain, Pelatihan, berbasis game, Augmented RealityAbstract
Meningkatkan pemahaman tentang potensi dan penerapan desain pembelajaran inovatif seperti Quizizz salah satu platform pembelajaran interaktif berbasis game yang memungkinkan guru membuat kuis dan permainan edukasi, Assemblr platform yang menyederhanakan pembuatan konten AR, Wordwall platform pembelajaran digital yang menyediakan berbagai permainan, Edpuzzle platform pembelajaran online yang memungkinkan guru untuk menyesuaikan video pembelajaran dengan menambahkan pertanyaan, kuis, atau catatan, serta PhET platform yang menyediakan simulasi interaktif untuk belajar secara menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Hal ini pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan pemahaman dan penguasaan konsep- konsep pelajaran. Meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran terkini guna optimalisasi proses pembelajaran di kelas. Melakukan identifikasi beragam media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan gaya belajar platform digital setiap siswa
References
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2019. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Darmawan, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Elizabeth, T., Pratama, D., Alamsyah, D., Yoannita, Y., Inayatullah, I., & Tinaliah, T. (2021). Pelatihan aplikasi screen recorder dan video converence guna meningkatkan proses belajar mengajar. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 49-55
Samsuri, T., Muliadi, A., Muhali,M., Asy’ari, M., Prayogi, S., & Hunaepi, H. 2020. Pelatihan desain media interaktif pada pembelajaran daring bagi dosen pendidikan biologi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2745