Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Digital Melalui Pelatihan Penggunaan Platform Wordwall
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2274Keywords:
Kompetensi guru, instrumen digital, pelatihan, Wordwall, Evaluasi PembelajaranAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen digital melalui pelatihan penggunaan platform Wordwall. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif yang melibatkan sesi teori, praktik langsung, dan pendampingan dalam penyusunan instrumen evaluasi berbasis Wordwall. Partisipan terdiri dari guru-guru SMP Negeri 1 Senduro yang memiliki latar belakang beragam dalam penggunaan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini secara signifikan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun berbagai bentuk instrumen evaluasi digital, seperti kuis, teka-teki silang, dan permainan edukatif. Selain itu, guru menjadi lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelatihan ini juga mendapat respons positif dari peserta yang menilai bahwa platform Wordwall mudah digunakan dan sangat membantu dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan variatif. Dengan demikian, pelatihan penggunaan Wordwall efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan instrumen digital yang kreatif dan inovatif.
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. 2022. Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Arini, A. D., Setiyaningtiyas, A. N., Ningtyas, A., Nappa, A. S., Kokomaking, A. J., Iftitah, A. N., & Sukriono, D. 2024. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Aplikasi Wordwall Pada Kelas Vii A Smpn 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 10.
Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. 2022. Evaluasi pembelajaran.
Auliya, A. 2021. Pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall untuk mata pelajaran IPA SMP kelas VII. UIN FAS BENGKULU.
Lusiyani, R., Wahyunianto, D., & Agni, R. M. 2021. CALL: Teori dan Praktik. Penerbit Graniti.
MARIA, Q. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Di Sd/Mi. Uin Raden Intan Lampung.
Nursirwan, H., Arief, Z. A., & Hartono, R. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Zakuma Berbasis Wordwall Di SMP Cendekia Baznas Cibungbulang Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 50–58.
Putra, A. I. 2023. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website menggunakan google sites pada muatan IPA kelas v subtema memelihara kesehatan organ pernapasan manusia di sekolah dasar. UNIVERSITAS JAMBI.
Wibowo, H. S. 2023. Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Widodo, M. B. P., Aula, A. F. Y., Riswanti, M. L., & Rozi, A. F. 2023. Society 5.0 pembelajaran IPS. Cahya Ghani Recovery.