Pendampingan Design Pembelajaran dan Evaluasi berbasis Global Literacy pada Guru – Guru di Sekolah Indonesia Riyadh (Arab Saudi)
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2273Keywords:
Design Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Global Literasi, Sekolah Indonesia RiyadhAbstract
Banyak guru masih belum sepenuhnya memahami konsep literasi global dan bagaimana memasukkannya ke dalam kurikulum dan pendekatan pembelajaran mereka. Keterbatasan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurangnya pelatihan guru dalam literasi global yang memadai, kekurangan sumber daya yang relevan, dan tekanan dari kurikulum yang sudah ada. Pendekatan Focus Group Discussion (FGD) dan pendampingan digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan PKMLN, yaitu mengatasi masalah yang ada di mitra. Di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR), Arab Saudi, 35 guru dari berbagai mata pelajaran terlibat dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta membuat rencana dan menilai sesuai dengan kriteria Kurikulum Merdeka. Hal ini menunjukkan bahwa para peserta tidak hanya memiliki kompetensi guru yang memadai, tetapi juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru dalam kurikulum merdeka.
References
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. 2022. PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. SOSHUMDIK, 1(2), 42–50.
Auzi?a, A. 2018. Teacher Competences for Facing Challenges of Globalisation in Education. Journal of Education Culture and Society, 9(2), 24–37. https://doi.org/10.15503/jecs20182.24.37
Daga, A. T. 2022. PENGUATAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24.
Fikria, N. M., Marsidi, M., & Agustin, I. H. 2023. Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Serta Memperkenalkan Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 4 Silo. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 129–138. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1035
Hudri, S., & Umam, K. 2022. Konsep dan implementasi merdeka belajar pada evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam. Moderasi?: Journal of Islamic Studies, 2(1), 51–59.
Kemkominfo. 2020. Survei Literasi Digital Indonesia 2020. In Katadata Insight Center (Issue November).
Khairunnisah, K., Siagian, A. R., & Sormin, A. S. 2024. Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Classpoint bagi Peserta PPG dalam Jabatan Bidang Studi Bahasa Inggris UM-Tapsel. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2), 412–417. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.18805
Lusiana, L., Anggraeni, L., Nurbayani, S., & Wahyuni, S. 2024. Program Seminar dan Workshop sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Masyarakat Desa Pagerwangi dalam Pengelolaan Sampah. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2), 220–225. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i2.15613
Maranatha, J. R., Ami, A., Putri, A. L. P., Nurjanah, A. S., Lutfiah, G. F., & Afifah, O. 2024. Pelatihan Pemanfaatan Canva dan Pinterest Untuk Pendidikan. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1700
Musdholifah, M., Hartono, U., & Witjaksono, A. D. 2019. Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Financial Literacy bagi Guru-Guru Ekonomi di Kabupaten Lombok Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 239. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3382
OECD. 2020. PISA 2018 Global competences. In The Ministry of Education: Vol. I. https://moe.go.kr/boardCnts/view.do?boardID=294&lev=0&statusYN=W&s=moe&m=0204&opType=N&boardSeq=79191
Oktora, D. D., Karunianingsih, D. A., & Kristiadi, D. 2023. Pengembangan Kompetensi Guru SD Negeri Wonosari I pada Masa Pandemic Covid-19 dengan Pelatihan Produksi Video Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 80–85. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.6973