Sosialisasi Anti Bullying serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Gambirono 03 Kabupaten Jember

Authors

  • Nostalgianti Citra Prystiananta Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Muhammad Ali Ma’shum UIN KHAS Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2271

Keywords:

Bullying, PHBS, Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan sosialisasi anti bullying dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Gambirono 03 memiliki tujuan untuk menciptakan kepekaan dan pemahaman siswa terhadap perlunya menjaga perilaku positif dan kebersihan diri dalam lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan pada sosialisasi ini yaitu observasi dan penyuluhan. Melalui pendekatan interaktif dan partisipatif, siswa mendapatkan pengetahuan mengenai dampak buruk dari bullying serta pentingnya mewujudkan lingkungan aman bagi semua siswa. Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pentingnya penerapan PHBS sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan fisik dan mental anak-anak. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan dan pemahaman siswa mengenai dampak bullying serta meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan diri. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih sehat dan harmonis.

References

Ariyanti, N., Marleni, & Prasrihamni, M. 2022. Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1450–1455.

Julianti, R., Nasirun, H. M., & Wembrayarli. 2018. Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 11–17. www.dinkes.go.id

Muhani, N., Febriani, C. A., Yanti, D. E., Rahmah, A., Rafika, E., Sari, F. A., Yusuf, G. G., Rudi, R. O., & Pratiwi, Y. A. 2022. Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah di SDN 01 Langkapura. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 4(1), 27–38.

Oktapia, S., & Herawati, J. 2023. Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11553–11559. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Santoso, S., & Ranti, A. L. 2009. Kesehatan dan Gizi.

Yuyarti. 2018. Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles