Reintegrasi MGMP Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis SMART Di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Sri Handayani Universitas Negeri Malang
  • Putra Hilmy P Universitas Negeri Malang
  • Annisya Annisya Universitas Negeri Malang
  • Dian Eka Prasastianta MAN 2 Blitar
  • Endah Nur Amalina Universitas Negeri Malang
  • Restu Agus Dwi Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2270

Keywords:

Reintegrasi, MGMP, Peningkatan Kompetensi Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, SMART, Era Merdeka Belajar

Abstract

Untuk meningkatkan profesionalitas guru, MGMP adalah salah satu organisasi profesi. Dalam konteks reintegrasi, sangat penting untuk mempertimbangkan bagaimana mengubah atau mengaktifkan kembali setelah perubahan situasi atau kebijakan tertentu, seperti kurikulum Merdeka Belajar. Pembelajaran berbasis SMART Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound harus didukung melalui penyesuaian kembali agenda, fokus, dan strategi kolaboratif. Institusi pendidikan memiliki kemampuan untuk secara signifikan meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran melalui pelatihan dan workshop yang terus-menerus dan komprehensif. Selain itu, mereka dapat mempersiapkan guru untuk menghadapi tuntutan pembelajaran yang berubah dan perkembangan teknologi di era Merdeka Belajar. Dari 54 peserta pelatihan, ada peningkatan kemampuan untuk membuat dan membuat evaluasi berbasis SMART. Hasil pendampingan dan portofolio yang telah dilakukan menunjukkan hal ini.

References

Ananda, R. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Indriyati Herutami, Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan menengah. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Annisa, N. 2021. Peran Seorang Guru dalam Profesionalisme. Masalah Pendidikan, hal. 4.

APRILIYANI, S. 2024. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG PURBALINGGA. In PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO (Vol. 8, Issue 1).

Lestari, D. A. P., Mahardika, V., & Nurcahyo, A. 2023. Pelatihan Pembuatan QR Code Menggunakan Powerpoint Bagi Siswa-Siswi di SMK PGRI 01 Semarang. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 215–220. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1397

Margret, A., Dirga Ardiansa, Setiawan, D. M., Samosir, H., Novitasari, M., & Roni. 2021. Mengenali Hambatan Multidimensional Perempuan Menjadi Kepala Sekolah dan Madrasah (Issue September).

Narassati, N. A., Saleh, R., & Arthur, R. 2021. Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 169–180. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2.43919

Oktora, D. D., Karunianingsih, D. A., & Kristiadi, D. 2023. Pengembangan Kompetensi Guru SD Negeri Wonosari I pada Masa Pandemic Covid-19 dengan Pelatihan Produksi Video Media Pembelajaran Menggunakan Smartphone. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 80–85. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.6973

Pratama, L. D., Fachriyah, L. A., Wulandari, J. A., & Fitria, K. 2023. Edukasi Tentang Self-Awareness Dalam Mengembangkan Sistem Pembelajaran, Kreativitas, Dan Keterampilan Anak. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 205–214. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1396

Purwowidodo, A., & Zaini, M. 2023. Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Puspitaningsih, F., Nugroho, W., Jannah, M., Sholikah, H., Utami, A., Saputro, N. D., & Utami, W. A. 2023. Penanaman Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Anak-Anak di Desa Jajar. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 155–164. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1378

Risdiany, H. 2021. Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Jurnal AL-HIKMAH, 3(2), 194–202.

Tohir, M. 2019. Merdeka Belajar. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

YANI, F. 2024. IMPLEMENTASI KESIAPAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS I DAN IV SD IT AL-FATIH LAMPUNG BARAT.

Zuzandi. 2019. Pengembangan Profesi Dan Karir Guru. Ilmiah Manajemen Pendidik, 13(2), 88–99.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles