Create Your Digital Identity: Bangun Portofolio Keren Dengan Bootstrap
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2269Keywords:
E-Portofolio, Website, Bootstrap, Webinar, WorkshopAbstract
Di era digital yang semakin maju, mempunyai identitas digital menjadi kebutuhan penting, terutama bagi mahasiswa. Salah satu cara untuk membangun identitas digital adalah dengan membuat portofolio berbasis website, dengan menggunakan framework sebagai bantuan dalam membangun portofolio website, seperti framework Bootstrap. Penulis dan tim mengadakan kegiatan mengenai membagun identitas digital dengan judul “Create Your Digital Identity: Bangun Portofolio Keren dengan Bootstrap”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pemaparan materi dengan webinar dan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik dengan workshop. Kepuasan peserta ditentukan dengan menggunakan kuesioner. Peserta memberikan respon positif terhadap pembicara dan materi yang disampaikan. Hasil dan diskusi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil dibuktikan dengan partisipasi sebanyak 60 peserta dari berbagai lembaga. Peserta juga menyelesaikan Pre-Test dan Post-Test yang menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi tersebut. Feedback yang didapatkan dari peserta adalah 47,5 merasa puas dan 52,5% merasa sangat puas dengan kegiatan ini.
References
Adrianik, I. C. 2023. Pengembangan Portofolio Digital Melalui Media Canva dan Youtube pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Bulukerto 01 Batu Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1970–1994.
Akbar, M., Fajri, A., Azizah, F. S., Shidqi, M. A., Alfarizi, M. A., Asyahri, A. D., Adharani, Y., & Rosanti, N. 2024. Website Development?: How to Make a Simple Portfolio Website. 8, 34639–34646.
Aliffudin, H., & Santoso, N. 2023. Pengembangan Aplikasi E-Portfolio berbasis Website. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1633–1640. http://j-ptiik.ub.ac.id
Alviano, M., Trimarsiah, Y., & Suryanto. 2023. Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Web Pada Perusahaan Dagang Dendis Production Menggunakan Php Dan Mysql. Jurnal Informatika Dan Komputer (Jik), 14(1), 37–44.
Anis, Y., Purwatiningtyas, P., Retnowati, R., & Fajrina, E. A. N. 2022. Penerapan Framework Bootstrap Dalam Sistem Informasi Rekam Medis Data Posyandu dengan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 4(2), 310. https://doi.org/10.30865/json.v4i2.4833
Arthalita, I., & Prasetyo, R. 2020. Penggunaan Website Sebagai Sarana Evaluasi Kegiatan Akademik Siswa Di Sma Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. JIKI (Jurnal Llmu Komputer & Lnformatika), 1(2), 93–108. https://doi.org/10.24127/jiki.v1i2.678
Husna, A., Hasan, K., & Arifin, A. 2024. Identitas Dan Penciptaan Diri Di Era Disrupsi Digital. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 5(1), 45. https://doi.org/10.29103/jspm.v5i1.11590
Irawan, D., & Novianto, Z. 2020. Perancangan E-Learning Pada Sman 1 Kota Lubuklinggau Menggunakan Framework Codeigniter (Ci). Jurnal Digital Teknologi Informasi, 3(2), 53. https://doi.org/10.32502/digital.v3i2.2690
Isjoni et al, Y. R. 2023. Pelatihan Pembuatan Portofolio Digital Menggunakan Aplikasi Google site sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka Digital Portfolio Creation Training Using Google site Application as an implementation of the Independent Learning Curriculum in Langkan Vi. 3(3), 164–170.
Khaafi, M., Rihan, R., Priharsari, D., & Hanggara, B. T. 2022. Analisis Kesediaan Berbagi Identitas Digital berdasarkan Faktor Self-Efficacy, Perceived Severity dan Gender. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(11), 5380–5389. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11883
Lutfi Yustisyia, M., Aprilianti, D., Nelvi, A. A., Renaldi, M. A., Alwahdi, M. A., Wicaksono, S., Delano, B. I., Rifan, M. A., & Siskandar, R. 2023. Penerapan Website sebagai Media E-Portofolio berbasis HTML dan CSS Website Application as HTML and CSS base E-Portfolio Media. Indonesian Journal of Science, 4(3), 223–234. http://journal.pusatsains.com/index.php/jsi
Masluhah, M., & Afifah, K. R. 2022. Electronic Portofolio Sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Siswa di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(2), 1883–1896. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2236
Permatasari, A., & Suhendi, S. 2020. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film berbasis Aplikasi Web. Jurnal Informatika Terpadu, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.54914/jit.v6i1.255
Sama, H., & Hartanto, E. 2021. Studi Deskriptif Evolusi Website dari Html1 sampai Html5 dan Pengaruhnya terhadap Perancangan dan Pengembangan Website. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences (CoMBInES), 1(1), 589–596.
Wulandari, B. A., Norawati, R., Anastasia, I., Ridha, A., & Heryanti, R. 2021. Penggunaan Portofolio Digital Untuk Mendorong Pembelajaran Refleksi dan Mandiri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 356–362. https://mail.online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16220