Edukasi Anti Bullying Upaya Pencegahan Tindakan Kekerasan pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2263Keywords:
Bullying, Sekolah, RemajaAbstract
Tindakan bullying terjadi secara berulang – ulang yang dapat menyebabkan seseorang berada dalam keadaan tidak nyaman atau bahkan terluka baik secara fisik maupun non fisik. Pada umumnya tindakan ini merupakan permasalahan yang serius terjadi oleh anak – anak dan remaja tak terkecuali di Indonesia khususnya di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Pada awal tahun 2023 kasus bullying terjadi di sekolah SMA Swasta di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, kasus ini dialami oleh seorang siswi yang terkena perundungan oleh delapan orang teman sekelasnya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karanganyar pada siswa dan siswi remaja kelas VII dengan memberikan edukasi tentang bullying di sekolah. Kegiatan diawali dengan pretest dan diakhiri dengan posttest. Hasil yang diharapkan pada kegiatan pengabdian ini yaitu berkurangnya tindakan bullying khususnya di lingkungan sekolah dan mencegah agar tidak terjadi pada dirinya dan orang terdekatnya
References
Fithriyana, R. 2017. Hubungan bullying dengan lingkungan, sosial ekonomi dan prestasi pada siswa SDN 006 Langgini. Jurnal Basicedu, 1(1), 89-95.
Haslan, M. M., Dahlan, D., & Yuliatin, Y. 2020. Perilaku perundungan (bullying) dan dampaknya bagi anak usia sekolah (Studi kasus pada siswa smp negeri se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2).
Junalia, E., & Malkis, Y. 2022. Edukasi upaya pencegahan bullying pada remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service of Health Science, 1(1), 15-20.
Nursasari, N. 2017. Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Tenggarong. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 5(2).
Prihartono, D., & Hastuti, S. 2019. Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying Di Sd Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Saptandari, E. W., & Adiyanti, M. G. 2013. Mengurangi bullying melalui program pelatihan “guru peduli”. Jurnal Psikologi, 40(2), 193-210.
Solikhin, B. 2021. Dampak Bullying terhadap kondisi perkembangan emosi remaja di desa kapuran kecamatan badegan kabupaten ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ulfah, W. V., Mahmudah, S., & Ambarwati, R. M. 2017. Fenomena school bullying yang tak berujung. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(2), 93-100.