Pembentukan Layperson Pertolongan Pertama Cedera Muskuloskeletal Pada Siswa Melalui Program “KopDar Banget”
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2256Keywords:
Cedera, Muskuloskeletal, Teknologi, PengabdianAbstract
Kasus cedera muskuloskeletal seperti terkilir menjadi salah satu permasalahan yang kerap muncul pada siswa di sekolah. Cedera yang terjadi ini disebabkan aktivitas yang dilakukan siswa. Untuk itu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan pemahaman pertolongan pertama pada cedera muskuloskeleta. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemberdayaan siswa sebagai layperson cedera muskuloskeletal menggunakan program KopDar Banget (Kelompok Kegawatdaruratan berbasis Gadget Teknologi). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melibatkan 97 siswa SMPN 1 Kalisat. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan serangkaian media edukasi yaitu power point, film pendek, aplikasi dalam gawai dan permainan edukasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa rangkaian Program KopDar Banget bermanfaat dalam perbaikan pemahaman siswa dalam melakukan pertolongan pertama cedera muskuloskeletal. Berdasarkan pemaparan di atas menunjukkan bahwa pemanfatan teknologi kegiatan pengabdian masyarakat dimanfaatkan untuk membentuk penolong pertolongan pertama cedera musculoskeletal terutama di lingkungan sekolah.
References
Agarwal-Harding, K. J., Chokotho, L. C., Mkandawire, N. C., Martin, C., Losina, E., & Katz, J. N. 2019. Risk Factors for Delayed Presentation Among Patients with Musculoskeletal Injuries in Malawi. Journal of Bone and Joint Surgery - American Volume, 101(10), 920–931. https://doi.org/10.2106/JBJS.18.00516
Nastiti, E. M., Ekaprasetia, F., & Darotin, R. 2023. Pemberdayaan Siswa Dalam Penanganan Cedera Muskuloskletal Melalui Pemanfaatan E-Fa (Education First Aid) Game. Jurnal Pengabdiaan Masyarakat Kasih (JPMK), 5(1), 15–20. https://doi.org/10.52841/jpmk.v5i1.381
Riskesdas. 2018. Laporan Riskesdas 2018 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. In Laporan Nasional Riskesdas 2018 (Vol. 53, Issue 9, pp. 154–165).
Sativani, Z., & Jannah, R. 2023. Dampak Gangguan Muskuloskeletal Akibat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Anak Usia 6-13 Tahun Terhadap Keseimbangan Dinamis. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.22219/physiohs.v5i1.26161
World Health Organization. 2021. Injuries and violence. In World Health Organization (WHO). https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/injuries-and-violence