Edukasi Penggunaan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di SDN 07 Tanjung Batu

Authors

  • Itryah Itryah Universitas Bina Darma Palembang
  • Ani Vusvita Sari Universitas Bina Darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v9i1.2255

Keywords:

Konsentrasi, Ice breaking, Siswa

Abstract

Kurangnya konsentrasi siswa di sekolah adalah masalah yang umum dijumpai dalam dunia pendidikan. Berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam mempertahankan fokus saat belajar. Faktor internal dapat mencakup masalah psikologis seperti stres, kecemasan, atau rendahnya motivasi. Siswa yang tidak tertarik dengan materi yang diajarkan atau merasa bahwa pelajaran tidak relevan dengan kehidupan mereka cenderung lebih mudah kehilangan konsentrasi. Untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar siswa, diperlukan permainan edukatif dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah psikoedukasi melalui ice breaking, dan hasilnya menunjukkan bahwa permainan edukatif efektif dalam melatih konsentrasi siswa.

References

Handayani, F., Desyandri, D., & Mayar, F. 2022. Implementasi Seni Musik terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11370-11378

Isnawati, R. 2020. Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak GejalaGangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Jakad Media Publishing.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. 2021. Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase: Journal of Basic Education, 1(1), 64-70.

Puspitasari, F., & Marzuki, I. 2023. Implementasi Penerapan Ice breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III UPT SDN 52 Gresik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5405-5411.

Rahmawati, K. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik. Basic Education, 5(3), 227-236.

Sa?diyah, K., & Suhaimy, F. 2023. Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di SMK Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9

Suryana, I. B. 2019. Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik SelfManagement Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Downloads

Published

2025-03-01

Issue

Section

Articles