Strategi Pengembangan Digital Marketing Bisnis UMKM Ragam Hantaran
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1717Keywords:
digital marketing, UMKM, buket bunga, ragam hantaranAbstract
Pada era digital saat ini, hampir semua kegiatan manusia tidak pernah lepas dengan penggunaan teeknologi digital Aktivitas pemasaran pun tak lepas dari pengaruh teknologi digital. Ragam hantaran merupakan salah satu bisnis UMKM yang juga mengembangkan proses pemasaran melalui digital marketing. Penggunaan teknologi digital memudahkan pelaku UMKM dalam menjangkau target pasarnya. Program digital marketing buket bunga dari bisnis ragam hantaran menyasar berbagai kalangan, khususnya mahasiswa dan kelompok ibu rumah tangga. Program kegiatan dilakukan dengan pelatihan pembuatan buket bunga beserta pengembangan digital marketing. Dalam upaya pengembangan digital marketing ragam hantaran menggunakan dua media sebagai alat promosi yakni melalui website dan instagram. Keduanya diharapkan mampu menjangkau target pasar secara luas.
References
Az-Zahra, N. S. 2021. Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 77-88.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. 2021. Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi_strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi. Competitive, 16(1), 32-41.
Laksono, R., & Gultom, J. R. 2022. Penggunaan Digital Marketing Dan Poin Of Sales (POS) System Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Warung Tegal Kharisma Bahari Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 1-10.
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. 2021. Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 294-300.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. 2020. Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Purwanto, E., & Wulandari, R. I. 2023. Digital marketing Sebagai Strategi Pengembangan Pasar Pada UMKM di Kelurahan Rungkut Menanggal. JICS: Journal Of International Community Service, 2, 50-58.
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. 2022. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24-31.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. 2020. Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.
Supriatna, S., & Aminah, M. 2014. Analisis strategi pengembangan usaha kopi luwak (studi kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey, Bandung). Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(3), 227-243.
Wardhana, A. 2015. Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 4.