Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1715Keywords:
Media Pembelajaran, Canva, Literasi DigitalAbstract
Pelatihan pembuatan media berbasis Canva dilakukan oleh mahasiswa PBPMD STKIP PGRI Situbondo untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru SD/MI yang dilaksanakan di MI Darun Najah Desa Siliwung. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital serta meningkatkan kemampuan membuat media pembelajaran inovatif berbasis canva. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, simulasi dan praktek dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil pelatihan diketahui bahwa tingkat kepuasan mencapai 100% dengan rincian 71% peserta sangat setuju dan 29%. demikian juga pada aspek materi seluruh peserta mudah memahami materi yang disampaikan. pada aspek kemampuan instruktur dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi juga mencapai tingkat kepuasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan berjalan dengan efektif dan efisien serta memberi dampak manfaat kepada peserta pelatihan. Selanjutnya hal penting yang perlu dilakukan oleh sekolah dan para peserta pelatihan adalah menerapkan hasil pelatihan di sekolah dengan mengembangkan media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.
References
Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. 2020. Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i01.p09
Faisol, A., & Chasanah, S. L. 2022. Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru- Guru SMK Di Bandar Lampung.
Febrianti, F. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), Article 1.
Junaedi, S. 2021. Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000
Monoarfa, M., & Haling, A. (t.t.). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.
Monoarfa, M., & Haling, A. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0, Article 0. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259
Nahuda, N., Kunaenih, K., Yatin, R. M., Maulidya, Y., Haniefa, M., Aulia, A., & Putri, N. Z. H. 2023. Pelatihan Canva sebagai Strategi Meningkatkan Kreatifitas di SMA Negeri 1 Pare Kediri. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(5), 523. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.20363
Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Purba, Y. A., & Harahap, A. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Roy, S., Sutradhar, A., Mohanta, R., & Ansary, K. 2023. Collected Thoughts Of Great Educators The Weapon Of Social Advancement. EPRA International Journal of Environmental Economics, Commerce and Educational Management (ECEM), 10(4), Article 4.
Sjafirah, N. A., Yanto, A., & Indriani, S. S. 2023. Pelatihan Literasi Digital Untuk Remaja Di Kabupaten Bandung. Dharmakarya, 12(3), 425. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i3.43326
Sri Wiyanah, Koryna Aviory, & Christina Eva Nuryani. 2022. Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Di SMPN 1 Kasihan Yogyakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2266
Sukmawati, R. A., Pramita, M., Wiranda, N., Apriliyanti, A., Maulida, C. K., Winanto, A., & Hidayat, F. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru MGMP Matematika SMP. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1393. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6133
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. 2021. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Tri Wulandari & Adam Mudinillah. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245