Pelatihan Pembuatan Eco Print Sebagai Penguatan Karakter P5 dalam Pemahaman Konsep Matematika dengan Geogebra
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1708Keywords:
eco print, P5, geogebraAbstract
Teknik eco print termasuk dalam materi pelajaran kerajinan tekstil karena dilakukan dengan cara menghias permukaan kain atau tekstur. Penguatan P5 di sekolah mengacu pada gagasan pendidikan berkelanjutan yang dikenal sebagai lima pilar. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan eco print sebagai penguatan karakter P5 pada siswa. Selain itu kegiatan ini juga terintegrasi pada pembelajaran pemahaman konsep matematika terapan terkait dengan bangun geometri dua dimensi yang terbentuk. Pengabdian ini dilakukan melalui sistem hybrid, yang berarti bahwa mereka dilakukan secara online dan offline. Untuk mendukung kegiatan kebinekaan dan penguatan profil Pancasila, pendampingan online dilakukan secara berkala. Pendampingan offline dilakukan untuk kegiatan yang akan mengadakan penguatan profil Pancasila. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan sehubungan dengan pendampingan dalam bentuk pelatihan dapat membantu meningkatkan karakter P5 dan meningkatkan pemahaman konsep matematika terapan, yang ditemukan dalam materi transformasi geometri pada dedaunan. Dengan menggunakan Geogebra untuk mengvisualisasikan, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi.
References
Andayani, S., Dami, S., & ES, Y. R. 2022. Pelatihan Pembuatan Ecoprint Menggunakan Teknik Steam Di Hadimulyo Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 31. https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1871
Anugrah, H., & Zulfia Novrita, S. 2023. Penerapan Eco Print Daun Jati (Tectona Grandis) Pada Bahan Katun Menggunakan Mordan Tawas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18364–18371. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9272
Fitri, S. H., Wiratma, S., & Mesra, M. 2020. Eksperimen Pembuatan Motif Pada Kain Dengan Teknik Eco Print Di Smp Swasta an-Nizam Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 273–280. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i3.18738
Hersiyati Palayukan, Langi, E. L., Triyani, S., Palengka, I., & Panglipur, I. R. 2023. Pendampingan Belajar Mandiri Siswa Disabilitas Spektrum Autis Pada Materi Aljabar Matematika. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 6(2), 139–146.
Irsyad, Y. F. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Batusangkar. Journal Of Social Science Research, 3 Nomor 4(2), 5149–5157. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/42318
Mardiana, T., Warsiki, A. Y. N., & Heriningsih, S. 2020. Community Development Training with Eco-print Training Wukirsari Village, Sleman District, Indonesia. International Journal of Computer Networks and Communications Security, 8(4), 32–36. https://doi.org/10.47277/ijcncs/8(4)1
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. 2023. PENDAMPINGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA TINGKAT SMA. Communnity Development Journal, 1(4), 8403–8408. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19434
Setyowati, T., & Wijayanti, F. N. 2021. Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Batik Eco Print Yang Berdaya Saing Dimasa New Normal Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 112–122. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5270