Pengembangan Kemampuan Bakat Anak dan Membangkitkan Minat Belajar Melalui Rumah Cerdas di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kab. Jember

Authors

  • Ahqidah La Antika Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Arya Shintya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Delia Dheamanta Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Erika Fiqih Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Fifi Magfiroh Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Firjatullah Husnan Zakaria Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nurul Fadilah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rengga Perda Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rizky Aberta Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Winnie Angelina Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1702

Keywords:

PPK Ormawa, Rumah Cerdas, Minat Bakat

Abstract

PPK Ormawa pengabdian masyarakat dalam pengembangan kemampuan bakat anak dan minat anak di Desa Mulyorejo melalui rumah cerdas dibagi menjadi lima pojok literasi, yaitu Calistung, Olahraga, Kesenian, Bahasa dan Inklusivitas dengan direaliasaikan pada kegiatan kelas inspiratif, pohon harapan, kelas ekstrakulikuler,kelas bahasa, dan belajar sambil bermain. Pelaksanaan program PPK Ormawa ini dilakukan dengan metode menguraikan roadmap kegiatan secara jelas, sistematis dan berkesinambungan untuk kurun waktu tertentu. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan Tim PPK ormawa melalui rumah cerdas, anak mengalami peningkatan dalam hal: a) Minat anak yang awalnya rendah terkait 5 bidang yang ada di Rumah Cerdas, membangkitkan minat anak tinggi untuk mempelajari 5 bidang tersebut. b) Anak yang awalnya belum mengetahui potensinya, ketika sudah mengikuti program kegiatan Tim PPK Ormawa anak mengetahui potensi yang dimiliki. c) Anak semakin berkembang mengenai bakat yang dimiliki, karena Tim PPK Ormawa memfasilitasi dan memberikan bimbingan kepada anak perihal bakat yang diminati.

References

Anggraini I. A. Dkk. 2020. Mengidentifikasi Mnat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2 (1), 161-162.

Badwi A. 2018. Pengaruh Bakat Dalam Pencapaiaan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4 (2), 204-208.

Emilia H. 2022. Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Ditetapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (3). 122-130.

Fadilah A. 2016. Analisis Minat dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 116.

Fuadi U. A. Dkk. 2023. Pelatihan Membuat Majalah Dinding Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Siswa SMP Sultan Agung Puger. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7 (2), 177-183.

Nisa A. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 5-6.

Riduwan A. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 3 (2), 95-96.

Silustyorini S. Dkk, 2019. Artikel Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PKK), Literasi dan HOTS pada Guru SD di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 9 (2), 105-111.

Suharyat Y. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1 (3), 7-8.

Supriatna E. 2017. Pemanduan Bakat Olahraga. Jurnal Performa Olahraga, 2 (1), 56-57.

Downloads

Published

2024-03-20

Issue

Section

Articles