Penggunaan Aplikasi Analisis Sentimen Untuk Mengembangkan Digital Marketing Pada UMKM

Authors

  • Oktavia Fauzaturroisiyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Cholid Fadil Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Niniek Imaningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1701

Keywords:

Analisis Sentimen, UMKM, Digitalisasi

Abstract

Media sosial adalah salah satu jenis media yang dapat dimanfaatkan dalam rangka berbagi informasi antar sesama penggunanya yang dapat mengakibatkan penuhnya berbagai sentimen yang berasal dari berbagai segi pandangan terhadap isue sosial yang sedang ramai diperbincangkan. Perkembangan ini merambah dalam dunia perkembangan ekonomi yang dapat dimanfaatkan pada UMKM dalam melakukan pengembangan bisnis melalui digitalisasi. Aplikasi TikTok merupakan salah satu media sosial yang diisi dengan berbagai ragam sentimen dari para penggunanya dimana sentimen tersebut terdapat sentimen positif, sentimen negatif, dan sentimen netral. Dengan demikian dapat diketahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap aplikasi Shopee sebagai media yang digunakan untuk pengembangan digitalisasi UMKM. Pengembangan ini dilakukan dengan memberi pelatihan penggunaan sosial media yang diawali dengan menganalisis sentimen Aplikasi TikTok. Hal ini diharapakan mampu menjangkau target pasar yang dapat dijangkau dengan luas.

References

Mahendra Ardiansyah, W. 2023. Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–12. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb

Samosir, P., Rajagukguk, W., & Simamora, D. B. S. 2023. Pendampingan Kegiatan MBKM Artificial Intelligence for Startup di PT. Orbit Ventura Indonesia. JURNAL Comunità Servizio?: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 5(2), 1340–1359. https://doi.org/10.33541/cs.v5i2.4882

Sipayung, S. M. N., Ramadhany, S., Abdy, S., & ... 2022. Implementasi Dan Pengembangan E-Bisnis Era Revolusi Industri 4.0. … Nasional Sains Dan …, 1–5. http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/3512%0Ahttp://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/download/3512/2773

Solekhah, M. 2023. Pemanfaatan teknologi artificial intelligence cubatbot (culture balinese chatbot)sebagai informasi kebudayaan bali. 1(2), 1–17.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. 2021. Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika?: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.

Downloads

Published

2024-03-20

Issue

Section

Articles