Pelatihan Pemanfaatan Canva dan Pinterest Untuk Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1700Keywords:
canva, pinterest, media pembelajaranAbstract
Pelatihan pemanfaatan canva dan pinterest untuk pendidikan merupakan sebuah hal yang tentunya akan membantu para guru dalam memudahkan proses pembelajaran. Hal tersebut diupayakan oleh mahasiswa Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) agar dapat mempermudah guru untuk mengembangkan beberapa aspek perkembangan anak. dengan berbagai persiapan yang dilakukan (1) Observasi (2) Sosialisasi (3) Praktik (4) Penerapan, hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) guna mengasah kemampuan guru untuk mengembangkan beberapa aspek perkembangan siswa melalui media canva dan pinterest. Di samping itu, para mahasiswa juga menjelaskan sisi lain keunggulan dari aplikasi canva dan pinterest yang tentunya membuat para guru tertarik untuk menerapkan hal tersebut guna mengasah perkembangan anak. tentunya dengan adanya pelatihan pemanfaatan canva dan pinterest sangat membantu para guru dalam menyajikan pembelajaran secara kreatif. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal, maksimal dan menyenangkan, tentunya di dukung dengan mengadakan media canva dan pinterest dalam proses kegiatan belajar.
References
Ariwibowo, E. K. 2002. Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, 2014, 1–11.
Cecep, C., Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. 2022. Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313
Enterprise, J. 2012. Trik Memburu Foto dan Desain Grafis dengan Pinterest. PT. Elex Media Komputindo.
Fandiya, R. A., Suryadi, & Johari, A. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Online Pinterest Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Upi, 2(1), 1–9.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. 2021. Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37, 27–33.
Maranatha, J. R., Hapianti, K. A., & ... 2023. Training on Making Learning Media Flashcards of the Five Senses with the Canva and Vocaroo Applications at Tunas Harapan Kindergarten, Purwakarta. Experimental …, 1(4). https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE/article/view/204%0Ahttps://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE/article/download/204/304
Maranatha, J. R., Hasanah, N., & Istighna, L. N. 2022. Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Digital Berbasis Website Learningapps Di Tk Cinta Ibu. MERTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1644–1651.
Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q., Arisah, N., & Hasan, M. 2021. Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.
Muslimah, A., Alim, M. L., & Ayu, C. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Penerapan Metode Tanya Jawab. Aulad?: Journal on Early Childhood, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.1
Nurul Audie. 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Pratiwinindya, R. A., Cahyono, A., Rohidi, T. R., & Sugiarto, E. 2022. Pinterest?: Optimalisasi Literasi Visual dalam Pembelajaran Ilustrasi. 1, 898–905.
Rahmasari, B. S., Chasanatun, T. W., Azzahra, S. N., & Septiyani, D. C. 2022. Workshop Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru TK Dan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Canva. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(2), 76–83. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i2.3971
Tanjung, R. E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Wirabumi, R. 2020. Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569