Pengembangan Sekolah Perempuan Digital Berbasis Potensi Alam untuk Mengembangkan Life skills Masyarakat Desa Harjomulyo
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1402Keywords:
Sekolah Perempuan, Digital, Life skills, HarjomulyoAbstract
Desa Harjomulyo merupakan desa yang berada di sekitar perkebunan Sumberwadung di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Pada bidang Pendidikan, angka buta aksara di Desa Harjomulyo masih menyentuh angka 16,60%, artinya kondisi buta aksara masih dikatakan sangat tinggi. Pada bidang Perekonomian, ekonomi masyarakat termasuk rendah dan tidak merata yakni sebanyak 6.144 jiwa termasuk kategori miskin (Profil Desa dan Kelurahan Harjomulyo, 2022). Kondisi ini disebabkan timpangnya gender masyarakat yaitu 5.135 dari 10.044 merupakan perempuan dan 66,7% tidak bekerja. Berdasarkan identifikasi permasalahan tersebut, tim menetapkan solusi bersama masyarakat yang dikemas dalam program “Sekolah Perempuan Digital”. Tujuannya yaitu memberikan wadah bagi perempuan Desa Harjomulyo untuk meningkatkan kemampuan keaksaraanya melalui pelatihan buta aksara, meningkatkan life skills masyarakat melalui pelatihan eco-print daun pepaya, tas pelepah pisang, dan lilin aroma terapi kopi, serta meningkatkan kapasitas perempuan dalam mengelola dan meningkatkan kualitas keluarganya. Program ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan dan pencapaian luaran.
References
Indriani, A. P., Arsyinta, H., Thania, B. O., & Puji Lestari, D. A. 2022. Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589.
Reynaldi, M., & Halim, M. 2022. Taman Baca Masyarakat Rorotan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 519–530. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16933.