Pengembangan Rumah Cerdas Digital dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Masyarakat Desa Kemiri

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Pramudya Dwi AP Universitas Jember
  • Nely Ana Mufida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dena Arianingrum Universitas Jember
  • Dina Dwi Septya Ningrum Universitas Jember
  • Vivi Liliana Sari Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1401

Keywords:

Rumah Cerdas, Pojok Literasi, Potensi lokal, Kecakapan Hidup, Digital

Abstract

Desa Kemiri merupakan salah satu desa di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2022 mayoritas masyarakat masih bergantung pada hasil perkebunan kopi. Urgensi permasalahan muncul yaitu (1) melimpahnya limbah sampah daun kopi, ampas kopi, dan kulit biji kopi yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat; (2) Melimpahnya tumpukan sampah plastik karena wilayah wisata Air Terjun Tancak Digital; (3) Tingginya putus sekolah dan pernikahan dini, sehingga banyak anak yang terkena stunting. Berdasarkan permasalahan maka tim berdiskusi dengan masyarakat dan bersepakat menetapkan solusi yang dikemas dalam program “Rumah Cerdas Digital”. Pengabdian ini tujuan adalah membentuk pojok literasi dengan kurikulum non formal dan meningkatkan kompetensi maupun keterampilan kecakapan hidup masyarakat. Adapun metode pelaksanaan program desa cerdas di Desa Kemiri ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap Persiapan, tahap Pelaksanaan, dan tahap Pelaporan dan pencapaian luaran.

References

Bano, J., Jabeen, Z., & Qutoshi, S. B. 2018. Perceptions of Teachers about the Role of Parents in Developing Reading Habits of Children to Improve their Academic Performance in Schools. Journal of Education and Educational Developement, 42-59.

Djunaedi. 2018. Membangun Kota dan Kabupaten Cerdas: Sebuah Paduan Bagi Pemerintah Daerah, 1st ed. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.

Indriani, A. P., Arsyinta, H., Thania, B. O., & Puji Lestari, D. A. 2022. Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Harsiati, T., & Priyatni, E. T. 2018. Karakteristik Tes Literasi Membaca Pada Programme For International Student Asessment (Pisa). BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 1–11.

Miftakhuddin. 2018. Dedication of Unej Mengajar to Improve the Human Resources’ Quality in the Retarded Areas of Jember through a Participatory Approach [Pengabdian UNEJ Mengajar untuk Meningkatkan Kualitas SDM di Daerah Pelosok Jember Melalui Pendekatan Partisipatif]. Proceeding of Community Development, 2, 454 – 466.

Reynaldi, M., & Halim, M. 2022. Taman Baca Masyarakat Rorotan Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 519–530. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16933.

Sucianingtyas, D., I.M.Al Habib., L.Maharani., dan M.S. Aswan. 2018. Pemanfaatan Biji Karet Dalam Peningkatan Masyarakat Perkebunan Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 33-40.

Downloads

Published

2023-09-20

Issue

Section

Articles