Pelatihan Pembuatan QR Code Menggunakan Powerpoint Bagi Siswa-Siswi di SMK PGRI 01 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1397Keywords:
QR Code, Powerpoint, Media PembelajaranAbstract
Sesuai dengan tuntutan abad 21, siswa diharuskan mampu menghadapi tantangan di masa depan yaitu tuntutan globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Salah satu perkembangan teknologi adalah Quick Response (QR) Code. Penggunaan teknologi QR Code dapat diterapkan dalam pembelajaran dengan menunjukkan informasi yang menghubungkan berbagai media. Dilakukan pengabdian kepada masyarakat tentang pemanfaatan pembuatan QR Code dengan menggunakan powerpoint kepada siswa-siswi SMK PGRI 01 Semarang, yang nantinya akan dapat dapat digunakan untuk menambah wawasan dan alternatif dalam mengakses suatu website atau link yang berhubungan dengan berbagai informasi dalam pembelajaran.
References
Aini, Qurotul., dkk. 2018. Penerapan QRCode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis PHP Native. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 8(1).
Ciptaning, Megawati., dkk. 2019. Implementasi Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Universitas Muhammadiyah Metro. Bioedukasi, 2442-9805.
Hermawan, Hendrik. 2016. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning dalam Pendekatan Project Based Learning pada Mata Pelajaran SD Negeri 3 Karangasem Kabupaten Grobogan. Grobogan: UPTD Pendidikan Kecamatan Wirosari.
Kristanto, A. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang.
Mustakim, Sartika. Dkk. 2013. Penggunaan Qr Code Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Pada Kelas X SMA Labschool UNTAD. Universitas Tadukalo. J. Akademika Kim, 2(4), 215-221.
Muthoharoh, M. 2019. Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri’, 26(1).
Rahmawati, A., Krisanjaya, K., & Azmin, G. G. 2022. Pengembangan Pembelajaran Menggunakan Qr Code Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di SIT Al Haraki Depok. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.4471.