Edukasi Tentang Self-Awareness Dalam Mengembangkan Sistem Pembelajaran, Kreativitas, Dan Keterampilan Anak
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i2.1396Keywords:
Self-awareness, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kreativitas, KeterampilanAbstract
Self-awareness pada anak harus diterapkan di lingkungan sekitar untuk mengontrol seluruh aktifitas kognitifnya. Sehingga perlunya hal ini diterapkan pada suatu desa yang mana pada desa tersebut terdapat banyak anak-anak di dalamnya. Metode pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode Asset Based Communities Development (ABCD) yang berada pada Desa Bermi Kabupaten Probolinggo. Adapun tujuan pengabdian ini tidak lain untuk meningkatkan kesadaran diri masyarakat terhadap potensi dan kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai usaha mengembalikan keseimbangan alam. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis berkolaborasi dan mendalami konsep yang diusung oleh komunitas Mulasara, meliputi pemberian penjelasan berbagai permasalahan beserta jalan keluar dengan langkah edukasi, refleksi, dan implementasi. Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan, anggota maupun khalayak sasaran lebih bersikap peduli terhadap lingkungan dan mencoba untuk terus meningkatkan pengetahuan ekologi dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.
References
Awliah, W., & Hery, M. 2019. Hubungan Bakat Dengan Prestasi Belajar Santri Di TKA/TPA Al Muhajirin Unit 769 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2). https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3236.
Ayu, M. D. K., Sapti, M., & Anjarini, T. 2022. Deskripsi Kesadaran Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2461
Fadillah, S. 2021. Peningkatan Self-Awareness Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Lagu Daerah Riau. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6801.
Hendri Kurniawati, E., Pengetahuan Sosial, I., & Ekonomi, P. 2017. Pengaruh Kesadaran Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 5(2).
Nu’man, M. 2019. Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah Ddalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://doi.org/10.14421/jppm.2019.011-06.
Rini, A. M., Maskun, & Ekwandari, Y. S. 2017. Hubungan Kesadaran Diri Dengan Hasil Belajar Sejarah Peseta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pagelaran. Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah, 5(9).
Salsabila, H., Qomaria, N., Rosidi, I., Rendy, D. B., & Rakhmawan, A. 2022. Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Self Awareness Siswa. Universitas Trunojoyo Madura.
Saroji, Widyayanti, N., & Ama, R. G. T. 2021. Kesadaran Diri Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMA. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1). https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1424
Trialisa Putri, E., Yahdini Tazkiyah, A., Amelia, R., & Dini, P. 2019. Self-Awareness Training untuk Menghadapi Fenomena. In Pelayanan Kepada Masyarakat ISSN?: on progress (Online) (Vol. 1, Issue 1).
Umami, M., & Rosdiana, A. M. 2022. Intensitas Bermedia Sosial dan Self Awareness Pada Remaja. Jurnal Psikologi?: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1). https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2674.
Yunita, T. 2020. Academic Intrinsic Motivation (Aim)?: Memahami Hasrat Belajar Mahasiswa terhadap Academic Performance. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3). https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.15382.