PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 PANJI

Authors

  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo
  • Irma Noervadila STKIP PGRI Situbondo
  • Tri Astindari STKIP PGRI Situbondo
  • Sahwari Sahwari STKIP PGRI Situbondo
  • Arico Ayani S. STKIP PGRI Situbondo

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Macromedia Flash

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran Matematika  berbasis IT yaitu Macromedia Flash di SMP Negeri 5 Panji diikuti oleh 8 guru  dan 1 kepala sekolah . Berdasarkan hasi pelatihan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan memahami dari setiap guru masih belom mampu atau kesulitan mengoperasikan computer dengan baik dan guru masih kakuh, sehingga guru lebih menggunakan media ceramah. Variasi pemahaman didinjau dari aspek dan cara guru memahami dan mampu mempraktekkan membuat media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash. Guru memerlukan waktu 1 sampai 2 jam membuat media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash. Dari 8 orang guru di SMP Negeri 5 Panji terutama guru di bidang matematika yang paling menekuni dan menyelesaikan pelatihan pembuatan Media pembelajaran justru dari guru mata pelajaran lainnya kebanyakan guru laki-laki berjumlah 2 orang yang mampu membuat media pembelajarn matematika berbasis Makromedia Flash dari pembuatan profil, menggerakkan bangun, sampai selesai, sehingga hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

References

Aditian.Y. & Moh Salam. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8.0 Pada Materi Bangun Datar Di SMP Negeri 9 Kendari
Anggita. M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasional Bilangan Real SMK Teknologi Dan Rekayasa. Jurnal Teorema Vol.2 No.1, Hal 1-10.
Ariani, N. & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia Media di Sekolah (Ardhiawan, Ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka
Dwi Maryani. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Journal Sentral Penelitian Engineering Dan Edukasi.Volume 11 No 4.Ijns.0rg.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).
Duran Corebima. 1999. Proses dan Hasil Pembelajaran MIPA di SD, SLTP, dan SMU: Perkembangan Penalaran Siswa tidak Dikelola Secara Terencana.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Ga Persada Press.
Proceeding Seminar on Quality Improvement of Mathematics and Sciences Education in Indonesia, Bandung: August 11, 1999.
Paul Suparno. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Santoso, Budi. 2008. Pengembangan Sistem Cerdas sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Penjumlahan Pecahan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang:Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Articles