Pendampingan Inovasi Pembelajaran Matematika SMP Melalui Permainan Ular Tangga Berbasis Etnomatematika
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1034Keywords:
Pembelajaran Matematika, Etnomatematika, Ular TanggaAbstract
Kegiatan pendampingan pembelajaran matematika memanfaatkan media ular tangga yang bertujuan untuk: (1) memberikan pendampingan belajar matematika kepada siswa-siswi SMP 18 Ma’arif Ibrohimi Balung dan SMP Plus Darul Hikmah II; (2) Menggunakan media ular tangga berbasis etnomatematika sebagai sarana untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari matematika. Sasaran pendampingan belajar matematika dengan menggunakan media ular tangga ini adalah siswa-siswi SMP 18 Ma’arif Ibrohimi Balung sebanyak 14 siswa dan SMP Plus Darul Hikmah II sebanyak 15 siswa. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini meliputi metode diskusi, tanya jawab, demontrasi dan ceramah. Hasil respon siswa pada pelaksanaan pendampingan belajar menunjukkan bahwa siswa dalam belajar matematika sangat menyenangkan, siswa lebih aktif dalam belajar matematika. Hasil pemahaman matematika dengan dengan menggunakan media ular tangga dapat meningkat.
References
Ardiyani, S.M., Gunarhadi, Riyadi. 2018. Realistic Mathematics Education In Cooperative Learning Viewed From Learning Activity. Journal on Mathematics Education, 9(2), 301-310.
Fajriyah, E. 2018. Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. 2018. Etnomatematika pada permainan tradisional Engklek dan Gasing khas kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1), 1-6
Kirana dkk. 2021. Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional Indonesia komunitas TGR (Traditional Games Return), Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599-1609.
Merliza, P. 2021. Studi etnomatematika: eksplorasi konsep matematika pada permainan tradisional provinsi Lampung, Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21-30.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.
Putra, E.D., Lutfiyah, Laili, N. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Soal Berbasis Local Wisdom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Gammath, 4(1)., DOI: https://doi.org/10.32528/gammath.v4i1.1102
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. 2018. Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/943/1/012032.
Seruni., Mulyatna, F., Nurrahmah, A. 2019. PKM Inovasi Pemebelajaran Matematika SD/MI Melalui Permainan Ular Tangga. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75-80. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Susanti, E. 2020. Eksplorasi etnomatematika konsep operasi hitung dalam permainan tradisional Kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 1-8.
Wardani, K., & Setyadi, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73-84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.