Pelaksanaan Progam Bantuan Langsung Tunai Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1032Keywords:
Pelayanan, Adiminstarsi, DesaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan administrasi di desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan administrasi di Desa Kasiyan Timur. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelayanan administrasi di Desa Kasiyan Timur terutama dalam pembuatan Surat – Menyurat telah berjalan sesuai dengan SOP (Standar Oprasional Pelayanan) yang berlaku namun beberapa masyarakat sedikit kesulitan dengan beberapa prosedur yang harus dilalui dengan pengalaman yang minim, serta adanya beberapa hambatan yang terjadi seperti, kurangnya pemahaman dan informasi terhadap mengurusi perlengkapan surat – surat. Serta komunikasi yang masih minim yang membuat beberapa proses pelayanan adiministrasi menjadi terhambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah desa telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam melayani masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan.
References
Amin, I. 2008. Teori dan Konsep pelayanan Publik serta implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.
Raminto, Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Soegarda, P. 2001. Partisipasi Masyarakat. Jakarta: Depdikdas
Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimppinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Refika aditam.