Pelatihan Pembuatan Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bagi Siswa MTs Abu Darrin
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1030Keywords:
IPA, Media Pembelajaran, PLTAAbstract
Prototype ini merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas. Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep jika melihat fenomena atau gejala yang nyata dan visible melalui peragaan menggunakan peraga pendidikan. Prototype ini juga mampu membuat peserta didik merasa termotivasi atau senang terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan Pembangkit listrik tenaga angin. Metode pelaksanaan yan digunakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi program dan pelaporan. Kesimpulan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut prototype pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) memberikan manfaat sebagai media pembelajaran berbasis praktikum dan simulasi yang menarik siswa sehingga siswa mempunyai antusias yang besar untuk belajar.
References
Abdullah, G., Kumadji, S. 2016. Pemanfaatan limbah masyarakat sebagai alat peraga hidrostatik pada mata pelajaran IPA bagi guru-guru sekolah dasar di Desa Dulohupa Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Haikal, F.M. 2021. Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Angin dengan Turbin Sumbu Horizontal dan Analisis Efek Pembebanan RLC: Universitas Islam Indonesia.
Iqbal, M. Adinandra, S.M.R. 2018. Pembuatan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Berkapasitas 100 Watt: Universitas Islam Indonesia.
Sukmadewi, D.Y. 2017. Sosialisasi legalitas dan manajemen usaha bagi pelaku usaha UMKM di Kecamatan Pedurungan kota Semarang: Universitas Semarang.