Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Dan Pertumbuhan Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Muchammad Rozaq Syidiqi Universitas Islam Jember
  • Khoirul Huda Universitas Islam Jember
  • Anisa Nikmatul Janah Universitas Islam Jember
  • Ani Masruroh Universitas Islam Jember
  • Abdul Hadi Yusuf Universitas Islam Jember
  • Yurike Kinanthy Karamoy Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1029

Keywords:

Tri Dharma Perguruan Tinggi, Peran orang tua, Desa Kasiyan Timur

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam  melaksanakan  Tri  Dharma  Perguruan  Tinggi  yakni  aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa Kasiyan Timur kecamatan Puger, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud pengetahuan demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya  pendidikan dan peran orang tua terhadap perkembangan anak usia dini guna  membantu  pemerintah dalam mencerdaskan anak  bangsa.  Pengabdian  dilakukan  melalui beberapa  kegiatan yang dilakukan seperti: parenting,  penanggulangan limbah anorganik, penyuluhan pertania, rumah belajar matematika, metode bil qolam, pelayanan adsminitrasi desa, mengaji harian, dan KKN mengajar. Hasil pengabdian memberikan gambaran naiknya semangat dan meningkatkan pemahaman  masyarakat  terutama  guru  dan  orang  tua  tentang bagaimana perkembangan anak usia dini dan instrumen akreditasi PAUD, psikologi pendidikan, pentingnya membaca bagi anak, bimbingan belajar dan pembuatan media pembelajaran bagi guru sebagai bahan dalam mengajar di kelas yang berbasis tauhid.

References

Aliyyah, R. R. et al. 2018. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.

Anonym. 2007. Prinsip dan Praktek Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.

Desa Kasiyan Timur. 2022. Profil Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Direktorat PADU. 2002. Acuan menu pembelajaran pada pendidikan anak dini usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Direktorat PADU-Ditjen PLSP-Depdiknas.

Direktorat Tenaga Teknis (Diktentis Diklusepa). 2003. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun. Jakarta: Ditjen PLSP – Depdiknas.

Gardner, H. 1998. A multiplicity of intelligences. Scientific American, 9, 19-23.

Henderson & Mapp. 2002. National Standards for Parent/Family Involvement Programs.

I Wayan Cong Sujana. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 7, 101.

Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.

Permono, H. 2013. Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34-47.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles