Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Dan Pertumbuhan Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1029Keywords:
Tri Dharma Perguruan Tinggi, Peran orang tua, Desa Kasiyan TimurAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa Kasiyan Timur kecamatan Puger, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud pengetahuan demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan dan peran orang tua terhadap perkembangan anak usia dini guna membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa. Pengabdian dilakukan melalui beberapa kegiatan yang dilakukan seperti: parenting, penanggulangan limbah anorganik, penyuluhan pertania, rumah belajar matematika, metode bil qolam, pelayanan adsminitrasi desa, mengaji harian, dan KKN mengajar. Hasil pengabdian memberikan gambaran naiknya semangat dan meningkatkan pemahaman masyarakat terutama guru dan orang tua tentang bagaimana perkembangan anak usia dini dan instrumen akreditasi PAUD, psikologi pendidikan, pentingnya membaca bagi anak, bimbingan belajar dan pembuatan media pembelajaran bagi guru sebagai bahan dalam mengajar di kelas yang berbasis tauhid.
References
Aliyyah, R. R. et al. 2018. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.
Anonym. 2007. Prinsip dan Praktek Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.
Desa Kasiyan Timur. 2022. Profil Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Direktorat PADU. 2002. Acuan menu pembelajaran pada pendidikan anak dini usia (Menu Pembelajaran Generik). Jakarta: Direktorat PADU-Ditjen PLSP-Depdiknas.
Direktorat Tenaga Teknis (Diktentis Diklusepa). 2003. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun. Jakarta: Ditjen PLSP – Depdiknas.
Gardner, H. 1998. A multiplicity of intelligences. Scientific American, 9, 19-23.
Henderson & Mapp. 2002. National Standards for Parent/Family Involvement Programs.
I Wayan Cong Sujana. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, 7, 101.
Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.
Permono, H. 2013. Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34-47.
Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.