Penerapan Metode Iqro’ bil Qolam Di Musholla An-Nuriyah dan Baitul Muttaqin Desa Kasiyan Timur
DOI:
https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1028Keywords:
pendidikan, cara cepat belajar Al-Qura’an, KhotAbstract
Al-Qur’an merupakan Kalam sebagai pedoman umat Islam yang berisi petunjuk dan tuntunan komprehensif guna mengatur kehidupan di dunia dan akhirat, maka pendidikan Al-Qur’an khususnya dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an di butuhkan adanya metode yang dapat membantu peserta didik untuk lebih mudah meningkatkan pemahaman membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam bingkai pembelajaran Al-Qur’an baru “populer” sebatas kefasihan lisan. Namun jika melihat eksistensi al Qur’an yang lapisan kedalamannya tidak terhingga, maka kemampuan melafadzkan al-Qur’an secara fasih saja tentu belum cukup. Seseorang yang sudah sampai pada kemampuan membaca al-Qur’an dengan fasih, maka juga perlu dilanjutkan dengan kemampuan menulisnya. Sedangkan ini mengenai penulisannya masih bisa dikatakan kurang tepat yang sesuai dengan khot. Maka dari itu dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulannya bahwa dalam rangka penerapan iqro’ bil qolam di mushalla dan baitul muttaqin dapat mengimplementasikan sesuai kemampuan santri baik dalam membaca dan juga menulis dengan tepat khususnya dalam penulisan ayat-ayat dalam al-quran.
References
Aksara.Zarkasyi. 1987. Merintis Qiroaty Pendidikan TKA. Semarang
Aksara._________. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta : Bumi
Desa Kasiyan Timur. 2022. Profil Desa Kasiyan Timur. Kecamatan Puger Kabupaten Jember
Farzain. 2012. Al-Qur’an Bil Qolam. Klaten : Sahabat.
Haryono dan Suyono. 2011.Belajar metodologi penelitian living alqur’an dan hadist. Bandung: Remaja Rosdakarya,.
Human, As’ad. 2000. Cara Cepat Membaca al-Qur’an, AMM.Yogyakarta : Balai Litbang LPTQ Nasional Teman Tadarus.
Mansyur, Mdkk. 2007. MetodologiPenelitian Living Qur’an danHadis. Yogyakarta :Teras.
Shanhaji, Bashori. 2016. Guru Ngaji Langgar. Surabaya : Muara Progresif Surabaya.
Syaodih,Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2010. Konsep dan Panduan Teknis Penulisan Qur an Tulis Iqro’ Bil Qolam. Jakarta : Laboratorium Tarbiyatul Alamiin.
Tim Penyusun. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Menulis Follow The Line. Tangerang:
Yasinamal.Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi.