Peduli Sayangi: Psikoedukasi Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah Dasar Inklusi SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Shofwatun Amaliyah Universitas Nasional Karangturi
  • Auliya Ulil Irsyadiyah Universitas Nasional Karangturi
  • Isti Mayasari Universitas Nasional Karangturi

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1026

Keywords:

Psikoedukasi, Bullying, Sekolah Dasar, Sekolah Inklusi

Abstract

Bullying di Sekolah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu kelompok yang beresiko mengalami bullying adalah siswa berkebutuhan khusus.  Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya empati dan pemahaman tentang bullying oleh para siswa. Oleh karena itu pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan psikoedukasi kepada siswa tentang pengertian bullying, meliputi pengertian, dampak negatif, dan cara pencegahan bullying di Sekolah. Metode ceramah interaktif dipilih untuk menyampaikan materi tentang bullying. Psikoedukasi yang diberikan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bullying, dampak negatif, dan cara pencegahannya. Para siswa berpartisipasi secara aktif selama kegiatan dan antusias menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri berkaitan dengan pemahaman tema pencegahan tindakan bullying di Sekolah.

References

Galaresa, A. V., & Al Khasanah, A. 2022. Hubungan Pengetahuan Terhadap Tindakan Bullying Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, jurnal keperawatan, 14-19.

James, A. 2010. School bullying. NSPCC, 71(2), 1–21. https://doi.org/10.7458/SPP2012702332

Kaminaridi, V., & Tsaliki, E. 2017. Bullying in Students with and Without Special Educational Needs. Global Journal of Educational Studies, 3(2), 118. https://doi.org/10.5296/gjes.v3i2.12244

Lipkin, P. H., & Okamoto, J. 2015. The individuals with disabilities education act (IDEA) for children with special educational needs. Pediatrics, 136(6), e1650–e1662. https://doi.org/10.1542/peds.2015-3409

Masalha, A. 2021. The Prevalence and Factors Associated with Bullying Behavior among School Students: A Review Paper. EC Psychology and Psychiatry, 10, 27–34.

Patras, Y. E., & Sidiq, F.(2020. Dampak Bullying Bagi Kalangan Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page12-24

Rahayu, B. ., & Permana, I. 2019. Bullying di Sekolah?: Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Lack Of Bullies Empathy And Prevention At School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles