PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMP DARUR RAHMAH KALISAT DAN SMP ISLAM BUSTANUL ULUM PAKUSARI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.964Keywords:
Kurikulum, penerapan, deskriptif kualitatif, kurikulum 2013, kurikulum merdekaAbstract
Kurikulum merupakan jembatan yang penting untuk mencapai suatu titik dari suatu perjalanan menuju titik yang diharapkan. Artinya penerapan kurikulum ini sangatlah penting bagi proses pembelajaran di sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran meski dengan penerapan yang berbeda. Perbedaan kultur sekolah akan menciptakan perbedaan dalam praktek penerapan kurikulumnya (metode pembelajaran yang digunakan, adaptasi siswa, sarana prasarana, dan lainnya). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum di sekolah tingkat SMP sederajat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi,observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darur Rahmah Kalisat dan SMP Islam Bustanul Ulum Pakusari selama satu minggu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa di dua sekolah ini masih penerapan kurikulum 2013 yang sudah mulai beralih menuju kurikulum merdeka.
Downloads
References
Ardiana, D.P.Y. (2021). Metode Pembelajaran Guru (1 ed., Vol. 1). Yayasan Kita Menulis.
Butarbutar, M. dkk. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidispliner. Bandung, Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.
Fadhallah. (2021). Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press.
Hasanah, A., dkk. (2021). Evaluasi Pembelajaran. (Rabiudin). Bandung, Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.
Hasanudin, dkk. (2022). Rencana Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Sada Kurnia Pustaka.
Haslina., H, dkk. (2022). Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Pengembangannya. Bandung, Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.
Huliatunisa, Y., dkk. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar (Vol. 1). Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI.
Khasanah, U. (2020). Pengantar Microteaching. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Mulyasa, H. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0 (1 ed., Vol. 1). Rawa Mangun, Jawa Timur: PT Bumi Aksara
Najari, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (1 Ed ,Vol 1). CV Merdeka Kreasi Group Penerbit Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Purba, R., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P., & Bachtiar, E. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, ISBN: 978-623-6840-20-7; E-ISBN. 978-623-6840-21-4.
Rahmi, U. (2019). Dokumentasi Keperawatan (1 ed., Vol. 1). Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Sarinah. (2018). Pengantar Kurikulum (2 ed., Vol. 1). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Satrianawati, (2018). Media dan Sumber Belajar. (1 Ed.,Vol.1). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama
Sucipto, (2020). Tahfiz Al-Qur’an melejitkan prestasi. Guepedia The First On- Publisher in Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.