https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/issue/feed Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika 2025-10-12T07:21:51+08:00 marsidi laplace.unipar@gmail.com Open Journal Systems <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>Laplace</strong> is a National Journal which contains the results of research in the Field of Mathematics Education. This journal is published two (2) times a year. The loading of the manuscript is processed by the editorial board, the manuscript that is published is the manuscript that passes the editorial selection and has never been published or published in another journal.</p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>p – ISSN : 2620 - 6447</strong></p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>e – ISSN : 2620 - 6455</strong></p> https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2646 PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPIT ASY-SYIFA BENER MERIAH 2025-10-09T23:02:43+08:00 Wahyuni Wahyuni ayuni2009pma@gmail.com <p>Pemahaman konsep matematika merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran yang menentukan kemampuan siswa untuk mengaitkan ide-ide matematis secara mendalam. Namun, banyak siswa SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah masih mengalami kesulitan dalam membangun pemahaman konseptual, khususnya pada materi aljabar dan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran kooperatif dan Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain komparatif, melibatkan dua &nbsp;kelompok di kelas VIII SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes pemahaman konsep, dan dokumentasi perangkat pembelajaran, kemudian dianalisis secara tematik dengan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mendorong peningkatan pemahaman instrumental melalui interaksi kelompok dan latihan prosedural, sedangkan PBL lebih efektif dalam mengembangkan pemahaman relasional melalui pemecahan masalah kontekstual. Perbedaan peningkatan skor rata-rata tes juga memperlihatkan bahwa kelas PBL memperoleh capaian lebih tinggi dibandingkan kelas kooperatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua strategi memiliki keunggulan masing-masing, namun PBL lebih unggul dalam membangun pemahaman konseptual siswa. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk mengombinasikan kedua strategi secara adaptif agar pembelajaran matematika lebih seimbang antara keterampilan prosedural dan konseptual.</p> 2025-10-10T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2648 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI 2025-10-11T10:23:26+08:00 Relawati Relawati relawati@unbari.ac.id Amir Syarifuddin relawati@unbari.ac.id Dedi Arfan relawati@unbari.ac.id Supriyati Supriyati relawati@unbari.ac.id <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada di lokasi penelitian.&nbsp; Berdasarkan hasil observasi awal di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI ditemukan Jika diamati lebih lanjut, selama proses perkuliahan ditemukan gejala yang kurang mendukung bagi pembelajaran yang kondusif. Gejala-gejala tersebut antara lain mahasiswa kurang memaksimalkan kemampuan berfikir tingkat tingginya, dan kurang melakukan kolaborasi.Mengacu pada tujuan&nbsp; penelitian yang telah dikemukakan , maka jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and&nbsp; development ). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Kalkulus Integral berbasis model pembelajaran Inkuiri yang dikembangkan untuk perkuliahaan Kalkulus Integral sudah sangat valid, baik dari segi isi dan konstruk, Praktis dan Efektif dan buku kerja sudah sesuai dengan capaian pembelajaran dan silabus.</p> 2025-10-11T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2650 ANALISIS RESILIENSI TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS PADA SISWA SMK SABILILLAH 2025-10-11T21:40:24+08:00 Luluk Nur Aini luluknuraini0211@gmail.com Fuat Fuat luluknuraini0211@gmail.com Supriyo Supriyo luluknuraini0211@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi resiliensi yang digunakan siswa dalam menghadapi kecemasan matematis. Kecemasan matematis sering menjadi hambatan dalam proses pembelajaran, memengaruhi motivasi, dan hasil belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengerjaan soal matematika terhadap empat siswa kelas XI SMK Sabilillah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi resiliensi yang digunakan siswa meliputi mencari bantuan teman atau guru, belajar kelompok, menggunakan metode permainan, menyiapkan perlengkapan belajar sejak awal, serta berusaha mengerjakan soal meski ragu. Strategi ini menunjukkan kemampuan siswa dalam mengelola tekanan, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.</p> 2025-10-12T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika