https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/issue/feed Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika 2025-11-14T22:57:38+08:00 marsidi laplace.ikipjember@gmail.com Open Journal Systems <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>Laplace</strong> is a National Journal which contains the results of research in the Field of Mathematics Education. This journal is published two (2) times a year. The loading of the manuscript is processed by the editorial board, the manuscript that is published is the manuscript that passes the editorial selection and has never been published or published in another journal.</p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>p – ISSN : 2620 - 6447</strong></p> <p style="margin: 0cm; margin-bottom: .0001pt;"><strong>e – ISSN : 2620 - 6455</strong></p> https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2646 PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMPIT ASY-SYIFA BENER MERIAH 2025-10-09T23:02:43+08:00 Wahyuni Wahyuni ayuni2009pma@gmail.com <p>Pemahaman konsep matematika merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran yang menentukan kemampuan siswa untuk mengaitkan ide-ide matematis secara mendalam. Namun, banyak siswa SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah masih mengalami kesulitan dalam membangun pemahaman konseptual, khususnya pada materi aljabar dan geometri. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran kooperatif dan Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain komparatif, melibatkan dua &nbsp;kelompok di kelas VIII SMPIT Asy-Syifa Bener Meriah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes pemahaman konsep, dan dokumentasi perangkat pembelajaran, kemudian dianalisis secara tematik dengan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mendorong peningkatan pemahaman instrumental melalui interaksi kelompok dan latihan prosedural, sedangkan PBL lebih efektif dalam mengembangkan pemahaman relasional melalui pemecahan masalah kontekstual. Perbedaan peningkatan skor rata-rata tes juga memperlihatkan bahwa kelas PBL memperoleh capaian lebih tinggi dibandingkan kelas kooperatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua strategi memiliki keunggulan masing-masing, namun PBL lebih unggul dalam membangun pemahaman konseptual siswa. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk mengombinasikan kedua strategi secara adaptif agar pembelajaran matematika lebih seimbang antara keterampilan prosedural dan konseptual.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2648 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI 2025-10-11T10:23:26+08:00 Relawati Relawati relawati@unbari.ac.id Amir Syarifuddin relawati@unbari.ac.id Dedi Arfan relawati@unbari.ac.id Supriyati Supriyati relawati@unbari.ac.id <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada di lokasi penelitian.&nbsp; Berdasarkan hasil observasi awal di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNBARI ditemukan Jika diamati lebih lanjut, selama proses perkuliahan ditemukan gejala yang kurang mendukung bagi pembelajaran yang kondusif. Gejala-gejala tersebut antara lain mahasiswa kurang memaksimalkan kemampuan berfikir tingkat tingginya, dan kurang melakukan kolaborasi.Mengacu pada tujuan&nbsp; penelitian yang telah dikemukakan , maka jenis penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian pengembangan (research and&nbsp; development ). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Kalkulus Integral berbasis model pembelajaran Inkuiri yang dikembangkan untuk perkuliahaan Kalkulus Integral sudah sangat valid, baik dari segi isi dan konstruk, Praktis dan Efektif dan buku kerja sudah sesuai dengan capaian pembelajaran dan silabus.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2650 ANALISIS RESILIENSI TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS PADA SISWA SMK SABILILLAH 2025-10-11T21:40:24+08:00 Luluk Nur Aini luluknuraini0211@gmail.com Fuat Fuat luluknuraini0211@gmail.com Supriyo Supriyo luluknuraini0211@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi resiliensi yang digunakan siswa dalam menghadapi kecemasan matematis. Kecemasan matematis sering menjadi hambatan dalam proses pembelajaran, memengaruhi motivasi, dan hasil belajar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan pengerjaan soal matematika terhadap empat siswa kelas XI SMK Sabilillah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi resiliensi yang digunakan siswa meliputi mencari bantuan teman atau guru, belajar kelompok, menggunakan metode permainan, menyiapkan perlengkapan belajar sejak awal, serta berusaha mengerjakan soal meski ragu. Strategi ini menunjukkan kemampuan siswa dalam mengelola tekanan, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengembangkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2663 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA 2025-10-22T23:31:31+08:00 Ngatini Ngatini ntini872@gmail.com Dhia Octariani dhiaoctariani@fkip.uisu.ac.id Metrilitna Br. Sembiring metrilitna@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> berbasis LKPD. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain <em>one-group pretest-posttest</em> yaitu,<em> pretest </em>yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan <em>posttest</em> yang dilakukan setelah diberi perlakuan untuk setiap seri pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa mengalami peningkatan. Pada <em>pre test</em>, persentase ketuntasan belajar mencapai rata-rata pada setiap indikator yaitu 1,9 dengan persentase 63%. Pada <em>post test</em> meningkat menjadi 2,4 dengan persentase 80%. Peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik dapat ditinjau dari skor N-Gain pada hasil Pretest 0,23 dengan kriteria rendah dan Postest dengan N-Gain 0,53 dengan kriteria sedang.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2665 PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA UISU MEDAN 2025-10-23T22:30:15+08:00 Rizky Ananda Hasibuan rizkyanandahasibuan672@gmail.com Syahlan Syahlan rizkyanandahasibuan672@gmail.com <p>Model pembelajaran <em>Problem Based Learning </em>(PBL) adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengola pembelajaran dikelas dengan melibatkan masalah kontekstual. Penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara dilakukan dalam proses belajar mengajar bahan ajar yang digunakan guru hanya buku paket dari penerbit erlangga serta metode yang digunakan hanya metode ceramah. Akibatnya siswa mengalami kejenuhan dalam belajar dan kurang aktif. Buku paket tersebut belum memberikan kesempatan siswa untuk lebih mengembangkan dan memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika berbasis <em>Problem Based Learning </em>(PBL) berbantuan Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA UISU Medan. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah pengembangan Thiagarajan 4-D yaitu: <em>Define </em>(pendefinisian), <em>Design </em>(desain), <em>Development </em>(pengembangan) dan <em>Dessiminate </em>(penyebarluaskan). Populasi pada penelitian ini berada kelas X 2 dengan jumlah 31 Siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh 6 orang validator dengan cara mengisi angket penilaian dengan skor rata-rata 4,39 berada pada kategori <em>sangat </em>baik. Hasil uji kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dengan skor rata-rata 84,48 berada kategori baik. Hasil uji keefektifan diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dengan skor rata-rata 80,6% berada kriteria baik, serta kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan rata-rata N-Gain 0,70 berada pada kriteria tinggi.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2667 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAS AL-WASHLIYAH 1 MEDAN 2025-10-27T11:05:27+08:00 Widya Kirana Padang widyakirana1211@gmail.com Isnaini Halimah Rambe widyakirana1211@gmail.com Rosliana Siregar widyakirana1211@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model <em>Problem based learning</em> dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen di kelas X SMAS Al-Washliyah 1 Medan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran matematika mendasari dilakukannya penelitian ini, sebagaimana terlihat dari hasil observasi di lapangan dan skor rendah siswa pada tes awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain <em>one group pretest-posttest</em>. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang sangat positif dan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model <em>Problem based learning</em> dengan pendekatan kontekstual. Terlihat dari peningkatan nilai rata-rata <em>pretest</em> sebesar 57,22 menjadi 78,54 pada <em>posttest</em> yang dinilai berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Facione. Pada hasil uji <em>paired sample t-test </em>juga menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat secara signifikan yang tergambar dengan nilai sig. (2-<em>tailed</em>) sebesar 0,000. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran <em>Problem based learning</em>, terbukti dari hasil angket respon siswa dengan jumlah skor rata-rata 3,6667 yang termasuk dalam kategori “Sangat Positif”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model <em>Problem based learning</em> dengan pendekatan kontekstual berpengaruh sangat positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fungsi eksponen</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2671 PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN PANCAKARYA 02 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025 2025-10-30T13:14:55+08:00 Anton Kurniawan ahmadzakiemyus@gmail.com Ahmad Zaki Emyus ahmadzakiemyus@gmail.com I Wayan Wesa Atmaja ahmadzakiemyus@gmail.com <p>Tujuan penelitian 1) pengaruh kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. 2) pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. 3) Interaksi pengaruh antara &nbsp;kemampuan penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Berdasarkan tabel ANOVA, diperoleh nilai F hitung sebesar 8,911 dengan tingkat signifikansi 0,001. Dengan nilai t = 9,247 dan signifikansi 0,001 memperkuat kesimpulan bahwa penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 2) Hasil uji ANOVA menunjukkan nilai t = 8,304 dan signifikansi 0,004. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 3) Berdasarkan hasil uji ANOVA, diperoleh nilai F hitung = 9,081 dengan tingkat signifikansi 0,003. Dari hasil uji t, koefisien penalaran memiliki nilai t = 9,270 dengan signifikansi 0,001, sedangkan berpikir kritis memiliki nilai t = 8,321 dengan signifikansi 0,001. Kedua variabel independen ini signifikan pada taraf 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan &nbsp;penalaran matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis Bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pancakarya 02 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2672 ANALISIS KUALITATIF KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGUASAI STATISTIKA LANJUT BERDASARKAN HASIL TES MAHASISWA 2025-10-30T13:30:51+08:00 Nurmala Dewi Qadarsih dwie.noer78@gmail.com Maimunah Maimunah dwie.noer78@gmail.com Zikriah Zikriah dwie.noer78@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami mata kuliah statistika lanjut dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada hasil tes mahasiswa. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa program studi Teknik Informatika yang telah menyelesaikan mata kuliah tersebut. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes tertulis serta analisis terhadap kesalahan jawaban mahasiswa. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi hambatan pada tiga aspek utama, yaitu: (1) pemahaman terhadap konsep dasar statistika, (2) keterampilan prosedural dalam melakukan perhitungan statistika, dan (3) kemampuan dalam menafsirkan hasil analisis. Temuan ini mengindikasikan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang berfokus pada penguatan konsep serta pengembangan kemampuan berpikir kritis agar mahasiswa dapat menguasai materi statistika lanjut dengan lebih menyeluruh.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2673 EFEKTIVITAS MEDIA KEYBOARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN SISWA KELAS 1 SD 1 GULANG 2025-10-30T13:50:28+08:00 Melda Puspita Sari 202233036@std.umk.ac.id Rusmalinda Gustia 202233036@std.umk.ac.id Wasis Wijayanto 202233036@std.umk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media keyboard dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas I SD Negeri 1 Gulang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif paired sample t-test dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas I. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berhitung penjumlahan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 66,11% ke posttest sebesar 87,22%. Data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi pretest 0,057 dan posttest 0,619. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5608 termasuk dalam kategori sedang. Media keyboard yang digunakan untuk menyampaikan lagu-lagu berhitung mampu meningkatkan minat dan pemahaman serta kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media musik digital sebagai alternatif pembelajaran yang menarik di kelas awal.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2674 UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK” DI SMAN 21 MEDAN 2025-10-30T14:42:51+08:00 Yolanda Yolanda ynda1704@gmail.com <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 21 Medan dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em>. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimental Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 21 Medan yang berjumlah 40 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>The One Group Pretest-Postest Design</em>. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) observasi, 2) skala minat belajar matematika dan 3) tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji prasyarat minat dan hasil belajar matematika siswa berdistribusi normal. Data minat belajar matematika siswa sebelum perlakuan dengan skor rata-rata 70,76, dan data minat belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> dengan skor rata-rata 80,92 sedangkan hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok </em>43,98, dan data hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok </em>83,55, ini berarti model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa dibandingkan sebelum perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> meningkatkan minat belajar matematika terhadap siswa. Dimana hasil uji korelasi 0,640 dengan indeks determinasi = 0,50-0,75, artinya Model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> berkorelasi kuat terhadap minat belajar matematika siswa; 2) Model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang signifikan dengan t<em> hitung </em> &nbsp;t<em> tabel </em>atau 2,251 &nbsp;1,665. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa menggunakan Model pembelajaran <em>problem solving berbantuan media sosial TikTok</em> di SMAN 21 Medan.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2675 PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP SWASTA NURUL HASANAH 2025-10-30T20:48:21+08:00 Lisda Nidar Siregar nidarlisda@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp; melihat peningkatan berpikir kreatif&nbsp; terhadap Modul Matematika dengan pendekatan Problem Centered Learning pada siswa kelas VIII SMP Swasta Nurul Hasanah. Modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan yang meliputi pendefenisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Modul yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjukkan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli media mecapai rata-rata 3,3 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,3 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebesar 81,79 dengan katagori sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sestelah menggunakan Modul dengan pendekatan <em>Problem Centered Learning</em> layal digunakan</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2676 PENERAPAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN 2025-10-30T21:12:12+08:00 Jauharotul Maknunah shofiahidayah@unuja.ac.id Shofia Hidayah shofiahidayah@unuja.ac.id Eko Sunaryadi shofiahidayah@unuja.ac.id <p style="text-align: justify; text-indent: 36.0pt;"><span lang="IN" style="font-size: 11.0pt;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi eksponen melalui penerapan model pembelajaran <em>Snowball Throwing</em> di kelas X REG 2 MA Nurul Jadid tahun pelajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 39,88% pada pra siklus menjadi 79,61% pada siklus I, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 1 siswa menjadi 31 siswa (77,5%). Dengan demikian, model <em>Snowball Throwing</em> efektif meningkatkan hasil belajar matematika pada materi eksponen.</span></p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2677 PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA 2025-10-30T22:08:49+08:00 Nuri Zahrah nurizahrah920@gmail.com Metrilitna Br Sembiring nurizahrah920@gmail.com Dhia Octariani nurizahrah920@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe <em>Student Teams Achievement Division</em> (STAD) berbantuan <em>software</em> <em>Autograph</em> terhadap minat belajar siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 30 siswa di kelas X-6. Dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada semua aspek minat belajar setelah penerapan model STAD berbantuan <em>Software</em> <em>Autograph</em>. Nilai rata-rata skor angket minat belajar meningkat secara konsisten, seperti keterlibatan aktif (dari 3.2 menjadi 4.5), kepuasan materi (dari 3.0 menjadi 4.3), keinginan belajar (dari 2.8 menjadi 4.1), rasa percaya diri (dari 3.4 menjadi 4.4), dan keterbukaan dalam kerja kelompok (dari 3.5 menjadi 4.6). Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi metode pembelajaran STAD dengan teknologi visualisasi interaktif seperti <em>Software</em> <em>Autograph</em> mampu meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan. Validasi ahli terhadap perangkat ajar menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan 4.3 (kategori sangat valid), mendukung kelayakan pendekatan ini untuk digunakan secara luas dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, penerapan STAD berbantuan <em>Software</em> <em>Autograph</em> merupakan strategi efektif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2678 PENGEMBANGAN WEB AJAR BERBASIS STEM BERBANTUAN GOOGLE SITES UNTUK MELATIH KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR 2025-10-30T22:40:41+08:00 Siti Ayuni sstayuni16@gmail.com Ratna Rustina sstayuni16@gmail.com Depi Ardian Nugraha sstayuni16@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas web ajar berbasis STEM dengan bantuan Google Sites dalam melatih kemampuan <em>Computational Thinking</em> peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&amp;D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, pretest, dan posttest dengan menggunakan instrumen lembar wawancara, angket kelayakan ahli, angket respons peserta didik, serta tes <em>Computational Thinking</em>. Subjek penelitian terdiri dari dua ahli materi, dua ahli media, dan peserta didik kelas VII A SMP Yayasan 17 Sukakarsa. Produk yang dihasilkan berupa web ajar yang dapat diakses melalui smartphone. Hasil validasi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dan memperoleh respons sangat positif dari peserta didik. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan kemampuan <em>Computational Thinking</em> dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori “tinggi”.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2683 ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF DAN JENIS KELAMIN 2025-11-04T13:41:20+08:00 Qurrota A’yun qurrota.ayun@unmuhjember.ac.id Luluk Handayani qurrota.ayun@unmuhjember.ac.id <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari jenis kelamin. Jenis kelamin merupakan sesuatu sebutan yang digunakan buat menggambarkan perbandingan antara pria serta wanita secara sosial yang nampak bila dilihat dari nilai serta tingkah laku. Perbedaan jenis kelamin secara alami menyebabkan dan mempengaruhi perbedaan psikologis dalam belajar, sehingga siswa laki-laki dan perempuan secara alami memiliki banyak perbedaan dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Data yang diuraikan dalam penelitian merupakan data yang dihasilkan dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara yang dilakukan setelah soal tes selesai. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan data subjek satu dengan data subjek yang lainnya. Alasan peneliti menggunakan triangulasi sumber karena peneliti ingin membandingkan hasil data yang diperoleh dari subjek pertama dengan subjek kedua dari subjek yang berkemampuan tinggi, dan rendah berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi memiliki tipe proses berpikir konseptual. Pada siswa laki-laki maupun Perempuan berkemampuan tinggi memenuhi mampu pada kelima aspek indicator proses berpikir. Sementara pada siswa kemampuan rendah memiliki perbedaan proses berpikir, yaitu pada siswa laki-laki berkemampuan rendah memiliki tipe proses berpikir tidak dapat didefinisikan, sedangkan siswa perempuan berkemampuan rendah memiliki tipe proses berpikir konseptual. Pada siswa laki-laki berkemampuan rendah memiliki dua aspek proses berpikir konseptual, dua aspek proses berpikir komputasional, dan satu aspek proses berpikir semi konseptual. Selanjutnya pada siswa perempuan berkemampuan rendah memenuhi empat aspek proses&nbsp; berpikir konseptual dan satu aspek semi konseptual. Karena siswa Perempuan berkemampuan rendah memenuhi minimal tiga aspek yang sama yaitu proses berpikir konseptual, maka dapat disimpulkan subjek Perempuan berkemampuan rendah termasuk pada tipe berpikir konseptual.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2684 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN APLIKASI DESMOS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 2 TANJUNG MORAWA 2025-11-04T14:52:05+08:00 Muhammad Rizki Syahputra metrilitna@gmail.com Afnaria Afnaria metrilitna@gmail.com Metrilitna Br. Sembiring metrilitna@gmail.com <p>Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa tahun ajaran 2024/2025 dengan populasi 288 siswa kelas X. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa dipilih secara acak, terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk isian singkat dan uraian, dianalisis menggunakan software Jamovi. Hasil analisis memperlihatkan bahwa rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar 78,9, lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 64,0. Berdasarkan uji <em>Mann-Whitney,</em> diperoleh nilai signifikansi p = 0,004 (p &lt; 0,05) dengan <em>effect size</em> r sebesar 0,392 dan kontribusi pengaruh 15,37%. Dengan demikian, model pembelajaran <em>guided inquiry</em> berbantuan aplikasi Desmos memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2688 PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL JADID MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ 2025-11-06T13:32:39+08:00 Muhibbul Iqrom muhibbuliqrom419@gmail.com Puji Rahayu muhibbuliqrom419@gmail.com Moh.Syadidul Itqon muhibbuliqrom419@gmail.com <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid melalui penerapan model pembelajaran <em>Discovery Learning</em> berbantuan media Quizizz. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif siswa serta kurang optimalnya pemahaman konsep dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasdanrefleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid tahun pelajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui observasi keterlibatan siswa, tes hasil belajar, serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dari siklus I ke siklus II, ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan dalam bertanya, menjawab, berdiskusi, dan menyelesaikan soal melalui Quizizz. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, baik dari segi rata-rata nilai maupun jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model <em>Discovery Learning</em> berbantuan media Quizizz efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Jadid.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2689 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS EDUCATION (STEM) DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN JATIMULYO 01 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2024-2025 2025-11-06T13:50:30+08:00 Muhammad Imron ghost.ary1@gmail.com Hariyanto Hariyanto ghost.ary1@gmail.com I Wayan Wesa Atmaja ghost.ary1@gmail.com 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2690 PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN GENIALLY PADA MATERI BILANGAN BULAT 2025-11-06T14:08:43+08:00 Zaenatun Nafingah 2212151050@student.unsil.ac.id Supratman Supratman 2212151050@student.unsil.ac.id Depi Setialesmana 2212151050@student.unsil.ac.id <p>Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji kelayakan media ajar berbantuan Genially. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&amp;D) dengan model <em>Analysis, Design, Development, Imlementation</em>, dan <em>Evaluation</em> (ADDIE). Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk penilaian kelayakan dan respon peserta didik. Data pada penelitian ini diperoleh penilaian ahli media dan ahli materi serta respon dari peserta didik kelas VII SMP Negeri 16 Tasikmalaya. Hasil validasi ahli materi menunjukkan media ajar mendapat skor 90% pada aspek kualitas isi dan tujuan. Sementara itu, pada validasi media mendapatkan skor 92% pada kualitas teknis. Adapun rata-rata respon peserta didik pada ujicoba lapangan mendapat skor sebesar 85% yang berada pada kategori sangat baik.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2691 PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA DIGIMATHS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR 2025-11-06T14:17:17+08:00 Dwi Rukmana Fitrianti 202133215@std.umk.ac.id Diana Ermawati 202133215@std.umk.ac.id Fitriyah Amaliyah 202133215@std.umk.ac.id <p>Kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran menyebabkan peserta didik cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Rendahnya partisipasi tersebut berdampak pada lemahnya pemahaman peserta didik terhadap materi matematika, sehingga kemampuan pemahaman konsep matematikanya pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) berbantuan media <em>DIGIMATHS.</em> Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen berupa <em>one group pretest-posttest</em>. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas VI SD 2 Demaan dengan sampel sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis dengan <em>Paired Sample T-Test</em>. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) &lt; 0,01 yang mana lebih kecil dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan model TGT berbantuan media <em>DIGIMATHS</em>.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2692 PENGARUH IKLIM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR 2025-11-06T14:36:23+08:00 Lin Suciani Astuti 13munasiah@gmail.com Munasiah Munasiah 13munasiah@gmail.com Risma Nurul Auliya 13munasiah@gmail.com <p>Penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara iklim belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus, serta seberapa besar pengaruh iklim belajar terhadap hasil belajar. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunkan metode analasis korelasi Pearson atau Product Moment dan dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.907, koefisien korelasi menunjukkan nilai positif, hal ini menunjukan terdapat hubungan yang searah antara iklim belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Angka tersebut dikategorikan bahwa hubungan antara kedua variabel sangat kuat. Dari analisis regresi didapatkan nilai R square sebesar 0.822, koefisien determinasi sebesar 82,2%, artinya hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh iklim belajar di kelas sebesar 82,2% dan sisanya (17,8%) dipengaruhi factor lain.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2695 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM MATRIKULASI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI ASPEK KOKNITIF 2025-11-08T00:06:31+08:00 Hullyatul Badi’a hullya2004@gmail.com Arini Hidayati hullya2004@gmail.com Dwi Oktaviana Jamil hullya2004@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapa media pembelajaran berbasis Quizizz untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa pada aspek kognitif dalam materi Aritmetika Sosial (diskon dan paja). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus di SMAS Nurul Jadid dengan subjek sebanyak 30 siswa kelas X program matrikulasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz dapat meningkatkan kesiapan dan motivasi belajar siswa secara signifikan. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 52 pada siklus I menjadi 73,33 pada siklus II, dan ketuntasan klasikal naik dari 20% menjadi 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Quizizz efektif dalam meningkatkan kesiapan belajar kognitif siswa pada materi Aritmetika Sosial.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2696 ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SELARAS DENGAN KERANGKA SAINS PISA 2025 DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS 2025-11-08T01:58:06+08:00 Ilham Muhamad Rizal iniilhamasli@gmail.com Sukirwan Sukirwan iniilhamasli@gmail.com Sri Tirto Madawistama iniilhamasli@gmail.com <p>Penelitian ini mengkaji keterampilan literasi matematika siswa SMK dalam menghadapi soal pemecahan masalah yang sesuai dengan kerangka Sains PISA 2025 berdasarkan kemampuan berpikir logis. Pendekatan yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Empat orang dipilih menggunakan purposive sampling untuk mewakili setiap tahap kemampuan logis berdasarkan skor TOLT. Data dikumpulkan melalui tes soal pemecahan masalah berbasis konteks kejuruan dengan indikator literasi matematis yang sudah divalidasi oleh ahli, metode think-aloud, dan wawancara semi-terstruktur. Analisis data dengan teknik triangulasi. Hasilnya menunjukakan diswa dengan kemampuan berpikit logis tahap konkret mampu menarik informasi eksplisit, siswa tahap transisi membuat kesalahan saat penghitungan yang memerlukan penalaran beberapa langkah, siswa tahap formal awal mampu menerapkan konsep pada situasi tidak langsung sampai mendapatkan solusi, siswa tahap formal akhir mampu membandingkan solusi alternatif dan keterbatasannya.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2697 ETNOMATEMATIKA SEBAGAI ALTERNATIF MEMBANGUN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI ORNAMEN SITUS PRASASTI GEGER HANJUANG 2025-11-08T02:09:12+08:00 Rizqy Amelia Putri rizqyamelia939@gmail.com Sukirwan Sukirwan rizqyamelia939@gmail.com Sri Tirto Madawistama rizqyamelia939@gmail.com <p>Tujuan dari studi ini adalah untuk menyelidiki penerapan etnomatematika yang berfokus pada ornamen Situs Prasasti Geger Hanjuang sebagai pilihan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan cara mengumpulkan data melalui tinjauan pustaka, pengamatan, dan pengumpulan dokumen. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas IX MTsN 8 Tasikmalaya yang dibagi menjadi lima kelompok. Studi ini mengindikasikan bahwa pembelajaran matematika yang terhubung dengan konteks budaya dapat memperbaiki empat elemen berpikir kreatif siswa, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan pemecahan masalah. Melalui pendekatan ini, konsep matematika dapat dipahami siswa secara lebih bermakna dan memunculkan berbagai strategi penyelesaian masalah. Dengan demikian, etnomatematika dapat menjadi pendekatan inovatif yang tidak hanya memperkuat pemahaman konsep matematika, tetapi juga melestarikan nilai budaya lokal.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2702 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN KUIS DIGITAL QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL JADID 2025-11-10T14:49:40+08:00 Robiatul Adewiyeh robirobiatuladawiyah149@gmail.com Puji Rahayu robirobiatuladawiyah149@gmail.com Syadidul Itqan robirobiatuladawiyah149@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII (G) SMP Nurul Jadid pada materi merasionalkan penyebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Student Teams Achievement Division</em> (STAD) berbantuan aplikasi Quizizz. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif dan kurangnya keterlibatan siswa akibat dominasi metode konvensional yang memicu kebosanan dan sikap individualis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII (G) SMP Nurul Jadid. Data hasil belajar kognitif dikumpulkan melalui tes formatif di setiap akhir siklus, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 62,91 dengan persentase ketuntasan sebesar 45,83% (11 siswa tuntas). Setelah perbaikan tindakan pada Siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 77,91 dengan persentase ketuntasan mencapai 83,33% (20 siswa tuntas). Peningkatan ini telah melampaui target ketuntasan PTK sebesar 50% dan nilai rata-rata 70. Peningkatan hasil belajar ini didukung oleh peningkatan aktivitas siswa, di mana model STAD efektif mendorong kolaborasi dalam kelompok heterogen, sedangkan aplikasi Quizizz berhasil meningkatkan motivasi dan minat siswa melalui kuis digital yang kompetitif dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar kognitif siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2703 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS WEB QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA SMAS ISTIQLAL DELITUA 2025-11-10T16:34:58+08:00 Widya Nanda Alya Narsih widyaalya0608@gmail.com Syahlan Syahlan widyaalya0608@gmail.com Afnaria Afnaria widyaalya0608@gmail.com <p>Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2025/2026 yang terdiri dari empat kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas X-1 sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir komputasional dengan indikator dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir algoritma. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari <em>pre-test </em>sebesar 48,06 dengan kategori sangat rendah menjadi 75,25 pada <em>post-</em>test dengan kategori sedang. Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001&lt;0,05 dan nilai <em>R square </em>sebesar 0,736 atau 73,6% pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbasis web <em>quizizz </em>berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran <em>teams games tournament </em>berbasis web <em>quizizz </em>terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2704 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 DELI TUA 2025-11-10T17:05:55+08:00 Isma Rila Ismarila43@gmail.com Rosliana Siregar Ismarila43@gmail.com Isnaini Halimah Rambe Ismarila43@gmail.com <p>Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan. desain <em>one group pretest-posttest</em>&nbsp; dengan Populasi seluruh&nbsp; siswa kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua yang terdiri dari lima kelas dan&nbsp; Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 31 siswa yang dipilih secara <em>purposive sampling</em>. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator berpikir komputasi, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari <em>pretest</em> sebesar 58,29 menjadi 91,84 pada <em>posttest,</em>selisih 33,55%.Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001 &lt; 0,05 dan yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir komputasi matematis siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2705 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA PAPUBICA DI KELAS II SDN 1 PRAMBATAN LOR 2025-11-10T21:02:11+08:00 Catur Meinisa Inayati sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id Nur Laila Ramadani sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id Fauziyah Kemala Sari sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id Izza Taqiya sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id Sekar Dwi Ardianti sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan penggunaan media konkret PAPUBICA (Papan Putar Bilangan Pecahan) di kelas II SDN 1 Prambatan Lor. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya pencapaian belajar siswa serta kurangnya minat dan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes tulis. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa, dari 27% pada tahap awal (pra-siklus), naik menjadi 47% di siklus pertama, dan mencapai 87% di siklus kedua. Selain itu, rata-rata nilai siswa turut meningkat dari 65 pada pra-siklus menjadi 78 pada siklus kedua. Penerapan model PBL yang disertai media PAPUBICA terbukti mampu membantu siswa memahami konsep pecahan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, perpaduan model pembelajaran berbasis masalah dan media konkret sangat dianjurkan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2706 PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AWERENESS TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN BARATAN 01 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025 2025-11-10T21:55:46+08:00 Hendah Kartika Sari iwayanwesaatmaja@gmail.com I Wayan Wesa Atmaja iwayanwesaatmaja@gmail.com Hariyanto Hariyanto iwayanwesaatmaja@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran awareness training terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN Baratan 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 2)adanya pengaruh model pembelajaran awareness training terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Baratan 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu pada kedua hipotesis menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji Analysis of Covariance (ANCOVA) pada variabel kemandirian belajar menunjukkan model pembelajaran awareness training memberikan pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Corrected Model dengan F sebesar 158.480 dan signifikansi 0.000 (&lt; 0.05). Selanjutnya koefisien determinasi (R Squared) sebesar 0.890 dengan nilai Adjusted R² = 0.885 menunjukkan bahwa sebesar 89% variasi kemandirian belajar. Dengan kata lain, dapat dijelaskan bahwa model awareness training memberikan berpengaruh kuat terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. 2) Hasil analisis ANCOVA pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran awareness training memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 116,505 pada model koreksi (Corrected Model) dengan signifikansi 0,000 (&lt;0,05). Selanjutnya nilai R Squared sebesar 0,857 dengan Adjusted R Squared sebesar 0,849 menunjukkan bahwa sekitar 85,7% variasi hasil belajar matematika siswa. Dengan kata lain, dapat dijelaskan oleh model pembelajaran awareness training termasuk sangat kuat dalam memengaruhi hasil belajar siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2707 PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL 2025-11-10T23:42:55+08:00 Huliyatun Nazmihaolah edihidayat@unsil.ac.id Edi Hidayat edihidayat@unsil.ac.id Ike Natalliasari edihidayat@unsil.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> terhadap literasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan <em>true experimental design</em> dengan desain penelitian <em>posttest-only control group design</em>. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya, dengan sampel penelitian dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian, teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial menggunakan Uji <em>Independent Sample t-Test</em>. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> terhadap literasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Literasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan<em> Culturally Responsive Teaching </em>berada pada kategori tinggi sebanyak 11 orang (52,38%) pada kategori sedang sebanyak 10 orang (47,62%) dan pada kategori rendah tidak ada (0%).</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2708 INTEGRASI AI ZEP QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ALJABAR SISWA SMP BOARDING SCHOOL 2025-11-11T00:02:33+08:00 Nelis Alfany Santiaji nelisalfany@gmail.com Sukirwan Sukirwan nelisalfany@gmail.com Sri Tirto Madawistama nelisalfany@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan integrasi AI Zep Quiz dalam meningkatkan motivasi belajar aljabar siswa di SMP Terpadu Al Hasan Ciamis, sebuah <em>boarding school</em>. Metode yang digunakan adalah <em>mixed-methods </em>dengan desain <em>Embedded Experimental Model. </em>Data kuantitatif diambil dari hasil uji-t dengan membandingkan skor motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, data kualitatif didapatkan dari hasil observasi dan wawancara terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar aljabar yang signifikan pada kelas eksperimen yang diberikan intervensi Zep Quiz. Analisis kualitatif menghasilkan bahwa penggunaan Zep Quiz membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Maka, penelitian ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif khususnya di lingkungan <em>boarding school</em>.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2709 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DAN ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN AJUNG 01 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025 2025-11-11T00:36:37+08:00 Nuril Agustin ghost.ary1@gmail.com Hariyanto Hariyanto ghost.ary1@gmail.com I Wayan Wesa Atmaja ghost.ary1@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan matematis kelas IV SDN Ajung 01 semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 2) pengaruh&nbsp; model&nbsp; pembelajaran&nbsp; resource based learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV&nbsp; SDN Ajung 01 semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 3) pengaruh&nbsp; model&nbsp; pembelajaran&nbsp; resource based learning terhadap kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika kelas IV&nbsp;&nbsp; SDN Ajung 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif kausal yaitu suatu penelitian yang bersifat mencari pengaruh variabel tertentu (bebas) terhadap varabel lain (terikat). Analisis data yang digunakan yaitu independent t test, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkn 1) Hasil uji t dengan asumsi varians sama menunjukkan nilai t = 6,809 dengan df = 36 dan Sig. (2-tailed) = 0,002. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara rata-rata skor kemampuan matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Hasil ANOVA menunjukkan nilai F = 9,715 dengan Sig. = 0,000 dan df = 1 untuk regresi, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang dibangun signifikan secara statistik dan kemampuan matematis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. 3) Hasil ANOVA menunjukkan nilai F = 9,433 dengan Sig. = 0,002 dan df = 2 untuk regresi. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa model regresi berganda signifikan secara statistik, sehingga RBL dan kemampuan matematis secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2710 PENERAPAN MODEL PJBL PLATFORM DIGITAL KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD 2 MIJEN 2025-11-11T01:19:14+08:00 Ahmad Yusril Amri Nur ahmadyusril243@gmail.com Nur Fajrie ahmadyusril243@gmail.com Silvia Indriani ahmadyusril243@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD 2 Mijen pada materi bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) yang dipadukan dengan media digital Kahoot. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 57 (pra-siklus) menjadi 76 pada siklus II, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 53,57% menjadi 78,57%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan PJBL dan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2711 PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING DAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY 2025-11-11T09:54:01+08:00 Sri Muna Meilani munameilani2@gmail.com Eva Mulyani munameilani2@gmail.com Siska Ryane Muslim munameilani2@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran <em>Connecting, Organizing, Reflecting, Extending</em> (CORE) dan model pembelajaran Knisley. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Tasikmalaya, dengan sampel terdiri atas dua kelas: kelas VIII B sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model CORE, dan kelas VIII D sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model Knisley. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji beda dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model CORE dan model Knisley; (2) Peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CORE menunjukkan peningkatan kemampuan koneksi matematis yang lebih baik dibandingkan dengan yang belajar menggunakan model Knisley.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2712 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MAPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 13 MEDAN 2025-11-11T10:07:19+08:00 Meri Meri merisyahfitri04@gmail.com Isnaini Halimah Rambe merisyahfitri04@gmail.com Dhia Octariani merisyahfitri04@gmail.com <p>Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan <em>maple </em>yang dapat menjadi solusi bagi guru dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan <em>maple</em> terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Pre-eksperimental Desain (nondesain) dalam arti tidak adanya kelas kontrol, dengan desain one group pretest-posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan tahun ajaran 2025/2026 yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator kemampuan kognitif siswa pada tingkat C1-C4 dengan indikator mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 58,68 menjadi 80,55 pada posttest. Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001&lt; 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,908 atau 90,8% pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan <em>maple</em> berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan <em>maple</em> terhadap hasil belajar matematika siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2713 PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAKAMOTO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPIT IQRA 2025-11-11T10:15:12+08:00 Ria Wandari ria.p.wandari0303@gmail.com Metrilitna Br Sembiring ria.p.wandari0303@gmail.com Syahlan Syahlan ria.p.wandari0303@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Sakamoto terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Swasta Islam Terpadu IQRA. Pendekatan Sakamoto menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar melalui kegiatan berpikir logis, kreatif, dan kritis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran aktif dan efektif seperti pendekatan ini terbukti mampu mendorong siswa untuk lebih kreatif dan berpikir kritis, khususnya dalam memodelkan penyelesaian soal matematika. Hal ini juga membangun rasa ingin tahu siswa untuk terus mengasah kemampuannya dalam memahami dan mengerjakan soal, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design (non-desain) karena tidak melibatkan kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test, di mana satu kelompok siswa diberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran untuk melihat peningkatan kemampuan mereka. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi matematis yang terdiri dari 4 soal pre-test dan 4 soal post-test. Hasil uji prasyarat dan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Sakamoto terhadap kemampuan literasi matematis siswa, dengan nilai R square sebesar 0,734. Artinya, pendekatan ini memberikan pengaruh sebesar 73,4% terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, pendekatan Sakamoto dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi matematis siswa di tingkat SMP.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2714 EKSPLORASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN RASA PERCAYA DIRI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI KONTEKS ETNOMATEMATIKA 2025-11-11T10:27:16+08:00 Zahra Hafifatul Jannah Darulfalah zahrahafifatuljannahdf@gmail.com Sri Tirto Madawistama zahrahafifatuljannahdf@gmail.com Asep Saepuloh zahrahafifatuljannahdf@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri matematis siswa SMP melalui konteks etnomatematika. Masalah utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya keterlibatan siswa secara kognitif maupun afektif, sehingga dibutuhkan pendekatan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan subjek delapan siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui tes soal kontekstual berbasis etnomatematika, wawancara semi-terstruktur, dan observasi kelas. Analisis data menggunakan model Miles &amp; Huberman yang meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas etnomatematika, seperti permainan tradisional, praktik jual beli di pasar, dan seni payung geulis, dapat menumbuhkan indikator berpikir kritis berupa kemampuan mengidentifikasi masalah, menyusun strategi, memberikan alasan logis, dan menarik kesimpulan. Sementara itu, rasa percaya diri matematis siswa tercermin dalam keberanian mencoba, keyakinan terhadap jawaban, serta kesiapan menyampaikan pendapat di kelas. Secara umum, siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika mampu mendukung pengembangan aspek kognitif dan afektif siswa SMP.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2715 PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA : LITERATURE REVIEW 2025-11-11T10:36:20+08:00 Rani Nurmaya rnurmaya2605@gmail.com Sukirwan Sukirwan rnurmaya2605@gmail.com Sri Tirto Madawistama rnurmaya2605@gmail.com <p>Penelitian ini berfokus pada analisis seberapa efektif pendekatan <em>Teaching at The Right Level </em>(TaRL) dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi. Kajian dilakukan dengan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) yang meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Proses seleksi artikel dilakukan menggunakan kriteria inklusi untuk mengidentifikasi artikel dengan topik yang relevan. Penelitian ini mengkaji sembilan artikel menggunakan kata kunci seperti “Teaching at The Right Level”, “ TaRL”, “literasi numerasi”, dan “literasi matematis. Hasil penelusuran dari database Google Scholar, DOAJ, Garuda, Eric dan pubmed diperoleh sembilan artikel yang sesuai. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi meningkat di tingkat sekolah dasar dan menengah pada periode 2023-2025 setelah menerapkan pendekatan TaRL. Efektivitas TaRL semakin terlihat ketika dipadukan dengan strategi atau media pembelajaran inovatif. Pendekatan ini meningkatkan hasil belajar secara kuantitatif dan mendorong siswa untuk berperan secara aktif, motivasi yang tinggi, serta kepercayaan diri dalam menyelesaikan soal numerasi. Mayoritas penelitian dilakukan pada tingkat sekolah dasar, menegaskan bahwa TaRL sangat relevan untuk membangun fondasi literasi numerasi sejak dini, meskipun pada jenjang SMA/SMK juga menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, TaRL merupakan strategi diferensiasi pembelajaran yang adaptif, fleksibel, dan potensial untuk diimplementasikan secara luas dalam konteks pendidikan Indonesia guna mendukung penguatan literasi numerasi pada era Kurikulum Merdeka.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2716 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 SDN SABRANG 03 AMBULU SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025 2025-11-11T13:34:02+08:00 Hidayatur Rohman ghost.ary1@gmail.com Hariyanto Hariyanto ghost.ary1@gmail.com I Wayan Wesa Atmaja ghost.ary1@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh strategi&nbsp;&nbsp; pembelajaran&nbsp;&nbsp; Smart Solution terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 2) pengaruh model pembelajaran Probing- Prompting terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 3) interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran Smart Solution dan model pembelajaran <em>Probing- Prompting</em> terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif kausal yaitu suatu penelitian yang bersifat mencari pengaruh variabel tertentu (bebas) terhadap varabel lain (terikat). Analisis data yang digunakan yaitu paired sample t test dan ANCOVA. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Nilai t hitung = 17,665 dengan derajat kebebasan (df = 19) menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p &lt; 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran <em>Smart Solution</em> berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pelajaran 2024/2025. 2) Nilai t hitung = 16,427 dengan derajat kebebasan (df = 19) menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p &lt; 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pelajaran 2024/2025. 3)Berdasarkan tabel ANCOVA, nilai F untuk interaksi model × pretest adalah 0.720 dengan p = 0.008 (&lt; 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa. Artinya, pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika tidak sama untuk semua siswa, melainkan bergantung pada nilai pretest mereka. Dengan kata lain, interaksi antara strategi pembelajaran <em>Smart Solution</em> dan model pembelajaran <em>Probing- Prompting</em> berpengaruh &nbsp;terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2717 STRUKTUR ASOSIASI ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MATEMATIS SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS 2025-11-11T14:05:12+08:00 Nazira Yasmin 2110631050089@student.unsika.ac.id Karunia Eka Lestari 2110631050089@student.unsika.ac.id <p>Perkembangan abad-21 menuntut siswa menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi, termasuk berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Kemampuan awal matematis, yang mencakup aspek konseptual, prosedural, dan pemecahan masalah dasar, diduga berperan penting dalam mendukung kemampuan berpikir komputasi seperti dekomposisi, abstraksi, berpikir algoritmik, dan <em>debugging</em>. Namun, keterkaitan antara kedua kemampuan ini belum banyak diteliti secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur asosiasi dan besar variabilitas antara kemampuan awal matematis dan kemampuan berpikir komputasi siswa tingkat menengah atas. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan 70 siswa sebagai sampel. Instrumen berupa tes kemampuan awal dan komputasi diberikan, kemudian data dianalisis menggunakan analisis korespondensi dengan bantuan perangkat lunak <em>RStudio</em>. Hasil analisis menunjukkan visualisasi melalui biplot, profil baris, dan kolom mengungkap pola asosiasi struktural yang menarik. Kategori “<em>excellent</em>” dan “<em>poor”</em> menunjukkan keterkaitan kuat dengan indikator tertentu. Nilai<em> eigenvalue</em> pada dua dimensi utama menjelaskan 91,5% variabilitas data, yang menandakan bahwa representasi visual cukup akurat dalam menggambarkan hubungan antar variabel.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2718 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON 2025-11-11T14:18:49+08:00 Cepi Nur Fauzi ipahmuzdalipah@unsil.ac.id Ipah Muzdalipah ipahmuzdalipah@unsil.ac.id Linda Herawati ipahmuzdalipah@unsil.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran analogi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Silver dan Hanson, yaitu <em>mastery learning, self expressive learning, interpersonal learning</em>, dan <em>understanding learning</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang siswa kelas VIII J SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, terdiri atas dua siswa dengan gaya belajar mastery learning, serta masing-masing satu siswa dengan gaya <em>self-expressive learning, interpersonal learning,</em> dan <em>understanding learning</em>. Pemilihan subjek didasarkan pada keterwakilan setiap tipe gaya belajar serta pada subjek yang paling banyak menjawab tahapan kemampuan penalaran analogi matematis, tanpa memandang kebenaran atau kesalahan jawaban. Instrumen yang digunakan meliputi angket gaya belajar, soal tes kemampuan penalaran analogi matematis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, pelaksanaan tes tertulis, dan wawancara mendalam terhadap subjek terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar <em>mastery learning</em> cenderung menyelesaikan soal secara sistematis, tetapi masih melakukan kesalahan teknis. Siswa dengan gaya <em>self-expressive learning</em> mampu mengenali informasi penting, namun kurang teliti dalam tahap pemetaan dan penerapan. Siswa dengan gaya <em>interpersonal learning</em> menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan proses berpikir secara lisan, tetapi kurang tepat dalam menyimpulkan. Sementara itu, siswa dengan gaya <em>understanding learning</em> menunjukkan tahapan penalaran analogi yang paling lengkap dan konsisten, meskipun terdapat kekeliruan pada hasil akhir. Temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik gaya belajar siswa berkaitan dengan pola penyelesaian dalam tahapan penalaran analogi matematis.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2719 EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI KETUK TILU 2025-11-11T14:34:21+08:00 Raffida Azzahra dedinurjamil@unsil.ac.id Dedi Nurjamil dedinurjamil@unsil.ac.id Mega Nur Prabawati dedinurjamil@unsil.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola geometris yang terdapat pada Tari Ketuk Tilu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber pada penelitian ini terdapat tiga elemen yaitu tempat (place) yang peneliti lakukan di Sanggar Seni Mayar Binangkit, dan DISPORABUDPAR Kota Tasikmalaya, pelaku (actors) pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan koreografer Tari Ketuk Tilu, dan pamong budaya ahli muda khusus dibidang seni DISPORABUDPAR Kota Tasikmalaya, aktivitas (activity) yang peneliti lakukan yaitu melakukan observasi dan juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data,&nbsp;reduksi&nbsp;data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola-pola geometris pada tari ketuk Tilu diantaranya terdapat unsur-unsur geometri seperti sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, sudut refleks, simetri lipat, dua garis bersilangan, dua garis sejajar, pola zigzag, garis diagonal, bentuk lingkaran, dan garis horizontal.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2730 STUDI KUANTITATIF TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA 2025-11-14T16:26:08+08:00 Abdul Muis muismuhammad416@gmail.com 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2731 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAS NURUL AMALIYAH 2025-11-14T16:34:41+08:00 Doni Setiawan donist831@gmail.com <p>Model pembelajaran <em>Project Based Learning </em>(PjBL) merupakan teknik yang memberikan inovasi dalam seni pengajaran. Peran guru dalam metode ini sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas terhadap peserta didik ketika mengajukan pertanyaan mengenai teori serta memberikan motivasi terhadap peserta didik supaya aktif dalam pengajaran. Berdasarkan analisis permasalahan dan kebutuhan peserta didik, penulis berniat mengembangkan LKPD menggunakan aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menciptaka n susasana belajar yang aktif, menarik, dan inovatif serta mampu memecahkan permasalahan soal matematika pada materi matriks. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model 4D Thiagarajan (<em>define, design, develop, disseminate</em>). Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI – MIPA 1 SMAS Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan lembar validasi angket, instrumen kepraktisan dan instrumen tes. Dari hasil uji coba diperoleh hasil LKPD telah memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli sebesar 92,52%. LKPD telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon siswa sebesar 87,6%. LKPD memenuhi kriteria sangat efektif dari hasil belajar siswa sebesar 87,9% dengan peningkatan gain sebesar 0,7639 dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis <em>Project Based Learning</em> telah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2729 MODEL UP-THINK UDL (UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUATKAN PARTISIPASI ANAK USIA DINI DI KELAS INKLUSI 2025-11-14T14:47:14+08:00 Indah Rahayu Panglipur indahmath89@gmail.com Siti Nur Alifa indahmath89@gmail.com Baitur Rohmah indahmath89@gmail.com <p>This study aims to describe and analyze the forms of participation and early mathematical thinking processes of young children in mathematics learning based on <em>Universal Design for Learning</em> (UDL) through the UP-Think approach in inclusive classrooms. A descriptive qualitative case study design was employed in one early childhood inclusive classroom consisting of typically developing children and children with special needs. Data were collected through non-intervention classroom observations, video recordings, teacher interviews, and document analysis. The main research instrument was an observation sheet on participation and mathematical thinking processes, validated through expert judgment and tested through a small pilot and interrater agreement. The findings reveal that UDL principles facilitated diverse forms of participation, including active–initiated, active–responsive, collaborative, and limited participation, depending on individual characteristics and instructional support. Children’s mathematical thinking emerged through actions such as classifying objects, recognizing patterns, comparing sizes, sequencing, and providing simple reasoning, expressed both verbally and nonverbally. The integration of UDL and UP-Think expanded children’s access and opportunities to express their mathematical understanding through multiple representations. The study concludes that the UP-Think approach within the UDL framework strengthens participation and enriches early mathematical thinking processes in inclusive early childhood settings. This research contributes an operational framework for early childhood teachers to design, implement, and evaluate inclusive mathematics learning and offers a foundation for future studies on inclusive early mathematics.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2732 PEMANFAATAN VISUALISASI GRAPH INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STRUKTUR ALJABAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA 2025-11-14T22:57:38+08:00 Dimas Anditha Cahyo Sujiwo marsidiarin@gmail.com Marsidi Marsidi marsidiarin@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan visualisasi graph interaktif terhadap peningkatan pemahaman struktur aljabar mahasiswa pendidikan matematika Universitas PGRI Argopuro Jember. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Pretest–Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 16 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman struktur aljabar yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Independent t-test, serta perhitungan N-Gain untuk melihat tingkat peningkatan pemahaman pada masing-masing kelompok. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Independent t-test memiliki signifikansi 0.001 &lt; 0.05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol setelah perlakuan diberikan. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.75425 yang termasuk kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata 0.45919 dengan kategori sedang. Perbedaan kategori N-Gain ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan mahasiswa pada kelas eksperimen lebih signifikan dan merata, ditunjukkan oleh standar deviasi yang relatif kecil. Temuan ini membuktikan bahwa media visualisasi graph interaktif dapat secara efektif memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap struktur aljabar.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2728 SLR: SEJAUH MANA ASESMEN DAN PROFIL BELAJAR TUNANETRA MENGARAHKAN MODIFIKASI KURIKULUM MATEMATIKA? 2025-11-14T12:56:13+08:00 Indah Rahayu Panglipur indahmath89@gmail.com I Wayan Eka Mahendra eka.petiga@gmail.com I Nengah Dasi Astawa nengahdasiastawa@undiknas.ac.id imam Safi'i imam@gmail.com Jeniva Avaria Dos Reis jenive@gmail.com <p>This study examines the extent to which assessment results and learning profiles of visually impaired students guide the analysis and modification of the mathematics curriculum. Using a Systematic Literature Review (SLR) aligned with the PRISMA protocol, articles were systematically searched in the Scopus database through keyword combinations related to “mathematics curriculum,” “geometry education,” “inclusive education,” and “visually impaired students.” From an initial 861 records, 128 studies were screened based on title, abstract, and keywords, followed by a full-text evaluation of 76 articles, and finally 11 studies met the eligibility criteria and were included in the qualitative synthesis. The findings show that geometry learning for visually impaired students relies heavily on concrete experiences, tactile exploration, structured verbal descriptions, and sequential instructional support. Effective strategies consistently follow a concrete–semi-concrete–abstract progression supported by tactile diagrams, three-dimensional models, and performance-based assessment. The results also indicate that assessment data and learning profiles play a central role in shaping curriculum decisions, influencing the depth and sequence of content, the design of multisensory learning pathways, and the adaptation of assessment formats to match students’ sensory characteristics. The review concludes that comprehensive assessment of students’ tactile, cognitive, and conceptual readiness is crucial for producing a mathematics curriculum that is both inclusive and instructionally responsive. Future research is recommended to empirically test modified curriculum models in classroom settings and to develop specialized assessment tools capable of mapping mathematics learning profiles among visually impaired learners.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/2687 ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI WEBBED HANDCRAFT JARING LABA-LABA BERBASIS KONSEP MATEMATIKA DI KABUPATEN BADUNG 2025-11-04T23:51:50+08:00 Diyah Ayu Rizki Pradita diyahpradita@ibrahimy.ac.id Wiwin Wahyuni diyahpradita@ibrahimy.ac.id Maswar Maswar diyahpradita@ibrahimy.ac.id Nursidrati Nursidrati diyahpradita@ibrahimy.ac.id <p>Ethnomathematic was an approach which united the culture to mathematical concepts that could be implemented in the learning. It was to develop mathematic skill in academic learning by social cultural until it could improve nationalist character and create meaningful learning. This study aimed to explore in depth the relationship of mathematical concepts and the culture of Badung community, Bali, especially those manifested in webbed handcraft. Using a qualitative approach with an ethnographic design. Data collection was carried out by participant observation, in-depth interviews, and documentation. Data analysis was carried out by Miles and Huberman model through three activities such as data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results of ths study showed that webbed handcrafts, which was believed to be able to catch someone's nightmares, contained various mathematical concepts that could be relevant to learning. These concepts include geometry in the form of some shapes, geometric transformations (such as rotation and dilatation), and learning models. It was recommended that this study became the base of contextual mathematic materials and urged the next exploration of ethnomathematic to other traditions for relevant curriculum.</p> 2025-10-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika