ANALISIS PRINSIP BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XII SMA BANDARKEDUNGMULYO
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.946Keywords:
Prinsip Belajar, Pembelajaran, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip belajar pada proses pembelajaran matematika siswa kelas XII IPS 2 SMAN Bandarkedungmulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas XII IPS 2 SMAN Bandarkedungmulyo dalam mengajar materi peluang sebanyak 16 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini yaitu prinsip perhatian dan motivasi,guru akan memberikan nilai sesuai yang diminta siswa guna membangun semangat belajar siswa jika siswa mau mengerjakan. Keaktifan,guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan mereka untuk memunculkan keaktifan siswa. Keterlibatan langsung,siswa berusaha menjawab clue yang diberikan guru sehingga siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Pengulangan,guru menanyakan terkait materi sebelumnya dan masih berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tantangan,guru memberikan soal dan siswa yang maju paling awal mendapatkan reward. Balikan penguatan,guru memberikan pengulangan materi dan latihan soal untuk dikerjakan dan dikumpulkan. Perbedaan individual ,ada siswa yang cenderung aktif dan pasif.
Downloads
References
Ali, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik. Al-Ta'dib, 6(1), 31-42.
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Dimyati, M . (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati, M . (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Hamzah. A .(2014) . Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Iffah, J.D.N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Masalah.Jurnal STKIP PGRI Jombang.231-240
Iffah, J.D.N. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Bertipe Gaya Belajar Visual (Analysis Of Reflective Thinking Of Visual Learning Style Students). Jurnal STKIP PGRI Jombang. 95-104.
Ihsana El Khuluqu. 2017. Belajar dan pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta
Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip Belajar Dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1).
Sanjaya. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Sadiyah, A. (2009). Implementasi Prinsip Belajar Law Of Exercise Perspektif Edward Lee Thorndike Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X-11 Pada Pembelajaran Al-Islam Di Sma Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).
Slameto. (2015) . Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful , A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta
Wahyudi, K. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Salatiga: Widya Sari Press