PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Eko Budi Setiyadi MTsN Umbulsari, Indonesia
  • Abdul Muis Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Hartono SMAN 1 Tempeh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.945

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar, pengaruh kemampuan matematika terhadap hasil belajar, serta interaksi pengaruh problem based learning dan kemampuan matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Desein ini digunakan untuk mengetahui hubungan yang terjadi antara problem based learning dan kemampuan matematis terhadap hasil belajar siswa. Alat pengumpul data menggunakan  angket,  tes serta  metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis yang digunakan regrasi dengan uji klasik, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai t-hitung dari variabel model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 5.16, kesimpulan t-hitung (5.16)> t-tabel (1.99444), berarti model pembelajaran problem based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) nilai t-hitung dari variabel kemampuan matematika adalah 5.37, kesimpulan t-hitung (5.37)> t-tabel (1.99444), ini berarti kemampuan matematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) hasil output analisis regresi diperoleh  Fhitung 52.270 dan Ftabel sebesar 3.13 dengan taraf signifikansi 0.05 maka ada interaksi pengaruh model pembelajaran problem based learning dan kemampuan matematika secara segnifikan terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013a. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013b. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.

Departemen Hukum dan HAM. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis dengan Program SPSS. Semarang: Balai Penerbit -UNDIP.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reigeluth, Charles M. 1999. Instructional-Design Theories and Models. Lawrence Erlbaurn Associates, Inc.

Setyawan, Sigit. 2013. Nyalakan Kelasmu: 20 Metode Mengajar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Grasindo.

Smaldino, Sharon E. Dkk. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: KENCANA Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles