ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA

Authors

  • Trio Suwargono Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dimas Anditha Cahyo Sujiwo Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Marsidi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.944

Keywords:

Pembelajaran Online, Minat Belajar Mahasiswa, SPSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajarn Online terhadap minat belajar mahasiswa. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi/hubungan yang digunakan dengan cara untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variable atau lebih yang terjadi dalam bentuk sebab akibat/ hubungan klausal. Dalam teknik analisis datanya dibantu dengan menggunakan software Ibm SPSS Statistics 25. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran Online terhadap minat belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan spss 25 menggunakan rumus product moment dan regresei linier sederhana. Nilai koefesien korelasi atau R-hitung diketahui sebesar 0.822 yang lebih besar dengan R-tabel 0.284 dengan taraf signifikansi 5% maka terdapat pengaruh dari pembelajaran Online terhadap minat belajar mahasiswa. Karena nilai koefesian korelasi sebesar 0.822 dan berada pada interval 0.80 -1.000. Berdasarkan pengaruh pembelajaran Online memiliki pengaruh sebesar 82.2% pada minat belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun & Sujiwo. 2022. Analisis Pembelajaran Online Terhadap Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Gammath. Volume 7 Nomor 1, Maret 2022.

Darmayanti, T & dkk. 2007. E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Vol. 8 (2)

Musa, & Khasanah. 2017. Pengaruh Penggunaan Media E- Learning Berbasis Moodle dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan. 8 (1), 1–11.

Nahampun, F., Gimin, & Syabrus, H. 2017. Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips di SMANegeri 2 Pekanbaru. 1–13

Ricardo, & Meilani, R. I. 2017. Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2), 188–201.

Yamin, H. M. 2009. Srategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles