PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Anggun Pastika Sandi Universitas Nahdlatul Ulama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.943

Keywords:

E-Learning, Enhanced, Web Course, Model Pembelajaran

Abstract

Untuk meningkatkan proses, pembelajaran perlu mengintegrasikan pada aspek teknologi. E-learning merupakan salah satu pelaksanaan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini, terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen menggunakan e-learning web enhanced course dan kelompok control menggunakan e-learning web course. Sampel yang diambil telah ditetapkan (purposive sampling) dengan sampel 25 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika pada materi pelajaran relasi dan fungsi dengan menggunakan model pembelajaran e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya. Surabaya: UNESA.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2010). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010 - 2014. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1, 41 - 54.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Putra Wijaya, D. (2015). Implementasi E-Learning Di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Yogyakarta: Repository Perpustakaan UNY.

Siahaan, S. M. (2002). Analisis Motif Mengajar Guru Dalam Membangun Pemahaman Instrumental dan Pemahaman Relasional Siswa Dengan Menggunakan Skema Pemecahan Masalah Berdasarkan Model Argumentasi Toulmin. Bandung: Repository SPs UPI.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles