PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DARUR RAHMAH KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.942Keywords:
Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, Kubus dan BalokAbstract
Dalam pembelajaran, siswa menghafalkan rumus-rumus yang diberikan oleh guru. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri rumus dalam pola geometris. Oleh karena itu, perlu dicoba untuk menciptakan pemahaman dan partisipasi siswa terhadap hal-hal tersebut dalam bentuk pembelajaran siswa pada materi kubus dan balok. Upaya yang dilakukan berupa pelaksanaan discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discovery learning secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Darur Rahmah pada mata pelajaran kubus dan balok dengan membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah discovery learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-A SMP Darur Rahmah Kabupaten Jember. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan dalam bentuk pembelajaran penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan discovery learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Darur Rahmah Kabupaten Jember. Hal ini diketahui dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,200 dan 0,560, keduanya > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal dan homogen. Pada uji sampel berpasangan, post-test didapatkan nilai tanda sebesar 0,000 dimana nilai tanda tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran Descovey berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Siswa SMP Darur Rahmah.
Downloads
References
Agus, Mikha widiyanto. (2013). Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilm u Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex M edia Komputindo.
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan , 18(2), 56.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2) 2012.
Fitrianingsih, R. & Musdalifah. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN PEMBUATAN STRAPLESS SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 JAMBU. Fashion and Fashion Education Journal, Volume 4(1) 2015.
Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle : Examples of Mathematical Abstraction in Two Different Contexts. IJEME - International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70.
Ochieng, K. R., Kiplagat, P., & Nyongesa, S. (2016). Influence of Teacher Competence on Mathematics Performance in KCSE Examinations Among Public Schools in Nyatike Subcounty, Migori County Kenya.International Journal of Secondaru Eduation, 4(5), 44–57.
Özerem, A. (2012). Misconception in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Sciences Education (IJTASE), 1(4), 23–35.
Puspita, Saputro, Agung N. C. dan Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Mia 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. Volume 5, No 4, hal.115.
Rutonga, R. (2017). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Rudi Rutonga Pendidikan sangat berperan penting dalam pengembagan Sumber Daya Manusia , dengan pembahruan dan peningkatan kecangihan ilmu pengetahuan , saat ini membuat bangsa Indones. 1(2) 2017.
Soemadi. (2000). Geometri Sekolah (Dahulu, Sekarang, Akan Datang). Makalah Seminar Nasional Geometri, Unesa Surabaya, 2 Maret 2000.