ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA

Authors

  • Saktyas Krida Shindu Sawastie STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi, Indonesia

Keywords:

Siswa, Matematika, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana siswa kelas 7 SMPN 4 Widodaren dapat menggunakan gaya belajar untuk menyelesaikan masalah matematika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pendekatan penelitian kualitatif (bukan eksperimentasi) yang digunakan oleh peneliti untuk mempelajari gaya belajar siswa, yang merupakan alat utama. Karena hasil penelitian kualitatif lebih penting daripada generalisasi dalam penelitian ini, maka pengambilan sampel dilakukan dengan membahas gaya belajar siswa dan menggunakan teknik triangulasi untuk mengumpulkan metode. Menurut hasil penelitian ini, pendatang baru terlihat dapat mengatasi kesulitan dengan menuliskan pengetahuan sebelumnya dan keinginan belajar dan masalah perencanaan dengan keterampilan meresepkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. 2016. Peta pikiran dan gaya belajar berdampak pada hasil belajar matematika siswa. 1(1), 85–92 dalam Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah.

A. Anggito dan J. Setiawan. 2018. Metodologi untuk penelitian kualitatif. CV Jejak (Penerbit Jejak).

Anisa, S. 2020. Analisis Metode Pembelajaran Visual Matematika Siswa SD Negeri Tempurejo 02 Kelas IV A. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

R. Ferdiawati. 2019. Ditinjau dari Gaya Belajar, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Mata Pelajaran Lingkar Siswa Kelas VIII. Bojonegoro Ikip Pgri

U.P. Harahap. 2021. Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SMP Mempersiapkan Administrasi Penilaian 794–800 dalam JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia).

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles