ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL DARI ASPEK KECERDASAN INTRAPERSONAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.939Keywords:
Komunikasi, Kecerdasan Intrapersonal, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyikapi masalah ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa kelas VIII MTs Ma'hadul Muta'allimin Katerban. Dalam melakukan penelitian deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif. Kecerdasan intrapersonal mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami dan menanggapi perasaannya sendiri, sebagaimana ditentukan oleh temuan penelitian ini. Berdasarkan temuan tersebut, siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi memiliki keterampilan komunikasi matematika tertulis pada level 3, yang memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) memberikan tanggapan yang cukup lengkap dan jelas, serta penjelasan atau penjelasan yang tidak ambigu; (2) menyertakan diagram yang hampir tepat dan sesuai; (3) menyajikan argumen pendukung yang logis, tetapi masih ada beberapa kesalahan.
Downloads
References
Abdullah, I. H. (2016). Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1).
Achir, Y. S., Usodo, B., & Setiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 78–87.
ALKAT, Y. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.
Budiyanta, E., Sutadi, L. I., & Fitriyani, H. (2019). Identifikasi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Prosiding Sendika, 5(1).
Fadhillah, J. F. (2013). Hubungan Antara Body Image Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Lawan Jenis Pada Siswa Kelas VIII Reguler SMP Negeri 9 Surakarta.
FAIDA, A. Z. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Melalui Candi Sanggrahan Tulungagung.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.
Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry Pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Admathedu, 7(1), 9–18.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.
Kasmaja, H. (2016). Efektivitas Implementasi Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri. Journal Of Educational Science And Technology (EST), 2(1), 33–45.
Mahmud, N., & AR, R. A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Akreditasi Sekolah SMA Negeri Di Kabupaten Polewali Mandar. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 153–167.
Mufrika, T. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Koopertaif Metode Student Falitator And Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Metematika Siswa.
Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.
Purwati, P. (2016). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di Tinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Universitas Muhammadiyah Jember.
Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86.
Rodiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Sari, E. P., & Karyati, K. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 227–240.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suherman, E. (2008). Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare.
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Sustainable, 2(2), 176–197.
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Matematika Sekolahan. Prosiding Sesiomadika, 2(1e).
Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal Dan Eksistensial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus,(1).
Yatabri, Y. F. P. (2020). Pengaruh Penerapan Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Mathematical Habits Of Mind Siswa Smp/Mts. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.