PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KISI-KISI ALJABAR PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN PESERTA DIDIK DIKELAS VII SMP NEGERI 2 SUMBERBARU

Authors

  • Jesika Nur Intan Balila Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Aswar Anas Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.938

Keywords:

Media Pembelajaran, Kisi-kisi Aljabar, Operasi penjumlahan dan pengurangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh atau perbedaan penggunaan alat peraga kisi-kisi aljabar terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga penjumlahan dan pengurangan. Subyek dalam penelitianini adalah Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 2 Sumberbaru semester gasal 2021/2022 sebanyak 31 Peserta Didik. Tes pilihan jawaban berganda digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 2 kali tes yang dilakukan yaitu tes sebelum dan sesudah untuk mengevaluasi hasil belajar Peserta Didik, sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kisi-kisi aljabar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data dianalisis uji non paramterik yaitu uji wilcoxon data yang dihasilkan tidak. Setelah melakukan analisis, keluaran dari uji non parametrik Wilcoxon, diketahui Asymp Sig (dua sisi) memiliki nilai 0,000. Dari nilai terebut artinya 0,000 < 0,025 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan atau pengaruh penggunaan media belajar dari hasil tes hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerima materi pembelajaran menggunakan kisi-kisi aljabar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media atau alat peraga kisi-kisi aljabar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, D. W. I. D. (2017). Pengaruh penggunaan media proyeksi. 7(2), 115–123.

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Lastrijanah, Prasetyo, and Mawardini. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Effect of Geoboard Learning Media To Student Learning Results.” Didaktika Tauhidi P-ISSN 4(2):87–100.

Puspitasari, Yesi, and Siti Nurhayati. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 7(1):93–108. doi: 10.47668/pkwu.v7i1.20.

Ramadani, Reski, St. Hasmiah Mustamin, and Ridwan Idris. 2017. “Hubungan Antara Kreativitas Guru Dan Gaya Belajar Peserta Didik Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa.” MaPan 5(1):82–95. doi: 10.24252/mapan.2017v5n1a6.

Rosi Nurmalasari Eka Saputri1, Oyon Haki Pranata2, E. Kosasih. 2018. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Pada Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1):184–92.

Sa’o, Sofia. 2019. “Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Smp.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 3(1):65. doi: 10.22373/jppm.v3i1.5143.

Siregar, Sakinah Ubudiyah, Rosmidah Hasibuan, Eva Julyanti, Marlina Siregar, Universitas Labuhanbatu, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Labuhanbatu, and Jurnal Education. 2021. “Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada Sma Labuhanbatu.” 9(2):285–90.

Studi, Program, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, D. A. N. Ilmu, and Universitas Muhammadiyah Makassar. 2018. “Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar 2018.”

Suparyanto dan Rosad (2015, “Improving Beginning Reading Ability With Letters Cards In Class 1 Students Of State Elementary School 005 Kepenuhan,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

Syaikhudin, Ahmad. 2013. “‘ Volume 7, No. 2, Desember 2013 .’” 7(2):313–31.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles