KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES BERORIENTASI PADA HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Wahyu Hidayatillah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia
  • Loviga Denny Pratama Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.931

Keywords:

Uji Kepraktisan, Google sites, Media Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis google sites berorientasi pada hasil belajar dan minat belajar siswa yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian adalah seorang guru matematika,  5 siswa kelas VIII SMPN 1 Pajarakan untuk uji skala terbatas dan 30 siswa kelas VIII SMP Zainul Hasan 1 Genggong sebagai subjek uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data diperoleh dari penyebaran angket penilaian guru dan siswa yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan mengkonversi skor kuantitatif menjadi data kualitatif. Hasil dari uji kepraktisan diperoleh skor 94 pada penilaian guru dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji kepraktisan siswa skala terbatas didapatkan skor 79 dalam kategori baik dan untuk uji lapangan utama memperoleh skor 77,4 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125

Hadiprasetyo, K., Exacta, A. P., & Maharani, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.182

Hafidz, H., Suhernawati, N., & Addarquthni, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Matematis. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v2i1.195

Hilir, A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran (Pertama). Penerbit Lakeisha.

Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, Kunrozazi, & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pandemi COVID 19. Education Journal?: Journal Education Research and Development, 6(1), 47–58.

Internet World Stats. (2019). Top 20 Countries - 2019 with the Highest Number of Internet Users.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100.

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.

Kominfo. (2021). Warganet Meningkat Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan .

Lestari, W., Pratama, L. D., & Sulistiowati, L. (2021). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS m-PBL DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1). https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page35-44

Mubarokah, A., & Masrukan, M. (2021). Analisis Asesmen Autentik dan Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTs Negeri di Kabupaten Ngawi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 80–86.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Astutik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783

Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI TITL di SMK N 2 Payakumbuh. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(4), 47–53.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (keempat). Penerbit Alfabeta.

Sukardjo. (2008). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

Thomas, O., Simpun, S., & Yulinda, Y. (2022). The Effect of Using Google Sites as Learning Sources on Learning Outcomes of Students at SMK Negeri 4 Palangka Raya Academic Year 2021/2022. … International Research and …, 91–102. https://www.bircu-journal.com/index.php/birle/article/view/4231

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher. https://books.google.co.id/books?id=9pULDgAAQBAJ

Yuniar, A. R., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custome Domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 360–368. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles