PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBANTUAN QR-CODE TECHNOLOGY PADA KELAS 4 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.930Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Ajar Matematika, QR CodeAbstract
Pengembangan buku ajar ini didasari oleh proses pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid 19, permasalahan yang didapat di SDIT Ya Bunayya Pujon Kelas 4 menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar matematika rendah dan orang tua merasa kesulitan untuk menjelaskan materi dan mendampingi siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Perkembangan teknologi menuntut tenaga pendidik agar mampu menggunakan dan mengoperasikan teknologi yang mampu mendukung dalam proses pembelajaran jarak jauh. Menggunakan media pembelajaran berbasis IT mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar, pembelajaran akan lebih bermakna dan menyenangkan. Termasuk pada mata pelajaran matematika semester 1 Kelas 4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar berbantuan QR Code Technology yang berisi materi, video pembalajaran dan latihan soal. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model 4D. Tahapan pada penelitian ini adalah Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Ya Bunayya Pujon kelas 4 dengan sampel 10 siswa dengan kriteria berpikir rendah, sedang dan tinggi. Penelitian ini menghasilkan rata-rata validasi ahli sebesar 3.5 nilai ini termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil respon siswa penelitian mendapatkan nilai rata-rata persentase 91% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini mendapatkan rata-rata 88 atau diatas nilai ketuntasan siswa yaitu ?75.
Downloads
References
Abi Hamid, Mustofa. 2020. Media Pembelajaran - Google Books. Edited by Toni Limbong. 1st ed. Yayasan Kita Menulis.
Adna, Syita F, and Dewi Mardhiyana. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Berbasis Quick Response ( Qr ) Code Sebagai Upaya Meningkatkan.” SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (4th SENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, no. Rn D: 6–15.
Agustien, Alif Via, and Listiadi Agung. 2014. “Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Akuntansi Pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 2 (2): 1–6.
Arifin, Syamsul, and Adi Kusrianto. 2018. “Sukses Menulis Buku Ajar Dan Referensi - Google Books.” Grasindo. 2018.
Irmi, Irmi, M Hasan, and Abdul Gani. 2019. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam.” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 3 (2): 75–87.
Nugroho, Aji Arif, Rizki Wahyu Yunian Putra, Fredi Ganda Putra, and Muhammad Syazali. 2017. “Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2): 197.
M Rudy, Sumiharsono, and Hisbiyatul Hasanah. 2017. “Media Pembelajaran.” Pustaka Abadi. 2017.
Thiagarajan, Sivasailam; And Others. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.” Journal of School Psychology 14 (1): 75.
Wahyono, Teguh. 2010. Membuat Sendiri Aplikasi Dengan Memanfaatkan Barcode - Google Books. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.