PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Siti Napfiah IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.929

Keywords:

lesson study, kemampuan dasar mengajar, pendidikan matematika

Abstract

Penerapan lesson study terdiri dari tiga tahap yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar lesson study. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika IKIP Budi Utomo yang sedang menempuh mata kuliah microteaching. Mata kuliah ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum mereka terjun ke lapangan untuk praktik mengajar. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan meliputi materi kuliah umum microteaching, pengenalan berbagai macam perangkat pembelajaran, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan praktik mengajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama, nilai rata-rata keterampilan mengajar mahasiswa belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Ada dua keterampilan kemampuan mengajar mahasiswa yang nilai rata-ratanya di bawah standar yang ditetapkan. Selanjutnya dilaksanakanlah siklus II. Setelah dilaksanakan siklus II, diperoleh hasil nilai rata-rata mahasiswa untuk  semua keterampilan mencapai kriteria yang diharapkan yakni lebih dari 70. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study dapat meningkatkan kemampuan dasar mengajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cerbin, William dan Bryan Copp. 2006. Lesson Study as Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 18 (3), 250-257.

Lestari, Rena dan Nurul Afifah. 2018. Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Pembelajaran Biologi: Indonesian Biology Teachers, 1(1), 37-41.

Lutfiyah dan Eric Dwi Putra. 2020. Mengkaji Hasil Evaluasi Calon Pendidik Matematika pada Keterampilan Mengajar dalam Micro Teaching. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 163-170.

Masyhud. 2018. Lesson Study in Teaching Young Learners: Assisting a Dynamic Classroom Interaction. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 11 (1), 93-102.

Rafi’i, Moh., Moh. Sata, dan Erna. An Analysis of the Teaching Skill of English Students in Microteaching Course at Madako University. JME: Jurnal Madako Education, 6 (2), 104-110.

Rosita, Berliana. 2021. Pelaksanaan Lesson Study Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Peer Supervision. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9 (3), 673-688.

Sriyanto, Joko. 2007. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), 16 (1), 95-116.

Sumani. 2009. Lesson Study sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 15 (1).

Sutowijoyo. 2016. Studi Penerapan Lesson Study dalam Peningkatan Efektivitas Praktek Pembelajaran di MTs Negeri Prigen. Jurnal Diklat Keagamaan, 10 (4), 295-304.

Triyanto. 2016. Building Collaborative Learning Through Lesson Study. Prosiding ICTTE FKIP UNS 2015, 1 (1), 586-588.

Yuanita. 2019. Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar pada Perkuliahan Mikroteaching (Level of Basic Skills for Teaching Prospective Primary School Teachers at Microteaching Lectures). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8 (1), 69-84.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles