ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.928Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Pembelajaran OnlineAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam pembelajaran online. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif. Subjek penelitian ini siswa kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Siswa bagi menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap 26 siswa diketahui bahwa 2 siswa berada pada kategori tinggi (7,70%), 18 siswa berada pada kategori sedang (69,23%), dan 6 siswa berada pada kategori rendah (23,07%). Berdasarkan hasil analisis, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari berada pada kriteria Sedang (65,38%). Indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika dengan kriteria Sangat Baik (100%). Indikator menerapkan konsep secara algoritma dan menyajikan konsep dalam berbagai representasi berada pada kategori Baik (76,92% dan 76,92%). Indikator memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep yang dipelajari dan indikator mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal masuk pada kategori Sangat Kurang (34,61% dan 11,53%). Dari enam indikator kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika adalah indikator dengan kriteria tertinggi dan Indikator mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal adalah indikator kemampuan yang paling rendah.
Downloads
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik. Rineka Cipta.
Effendi, K. N. S. 2017. Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. Di unduh di https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552 pada 25 februari 2021.
Fadlilah, N. 2015. Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). Di unduh di https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1864.20-32 pada 2 Januari 2021.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. Di unduh di https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073 pada 28 Januari 2021.
Fiteriani, I. 2017. Studi Komparasi Perbedaan Pengaruh Pemahaman Konsep dan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Terhadap Kemampuan Mendesain Eksperimen Sains. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 47–80.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covis-19. Jurnal Pendidikan Administrasi (JPAP), 8.
Kamarullah, K. 2017. Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. Di unduh di https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729 pada 6 Maret 2021.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
La Hewi dan Muh. Shaleh. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(2). p: 30-41.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 2nd ed.). PT Refika Aditama.
Novitasari, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. Di unduh di https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18 pada 6 Maret 2021.
Rosmawati, H. 2008. Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. UPI.
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Di unduh di https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 pada 6 Maret 2021 .
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran (8th ed.). Alfabeta.
Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Schleicher, A. (2018). PISA 2018 (Insights and interpretations). OECD Publishing (5), XVII, 236 p.; 26x17 cm
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.