RESPON SISWA TERHADAP APLIKASI TEPYTHA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yulianita Artanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Nafida Hetty Marhaeni Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.927

Keywords:

android, interaktif, respon siswa, phytagoras

Abstract

Perkembangan abad 21 mengharuskan pendidikan mudah diakses oleh semua kalangan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Keberadaan teknologi dalam pembelajaran matematika sangat esensial untuk meningkatkan kualitas belajarnya. Salah satu teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika disekolah adalah berbasis android. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui respon siswa terhadap aplikasi TePytha sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gambaran secara terperinci tentang respon siswa terhadap suatu produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisi butir-butir pernyataan meliputi 5 komponen penilaian, yaitu kualitas isi dan tujuan, kualitas teknik, kualitas pembelajaran, penggunaan bahasa, dan ketertarikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa dalam uji skala kecil berada pada kategori “Baik” dengan rata-rata 83,4 dan dalam uji coba skala besar berada pada kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 86, 531. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi TePytha sebagai media pembelajaran interaktif berbasis android memperoleh respons positif dari siswa dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. 2015. Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. 2020. Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.

Arifuddin, A., & Arrosyid, S.R. 2017. Pengaruh metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178.

Arimadona, S., Silvina, R., & Ramaza, F. 2022. Pengembangan media video animasi pembelajaran biologi berbasis daring materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 2 Kecamatan Kapur IX. Journal on Teacher Education, 3(2), 120-126.

Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. 2020. ASGAR (Animasi software Geogebra dan alat peraga) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360

Aspi, M., & Syahrani, S. 2022. Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.

Bafadhol, I. 2017. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 59-72.

Cahyani, Y., & Patrikha, F. D. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan software construct 2 pada kompetensi dasar modal usaha kelas x bisnis daring dan pemasaran SMK Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(3).

Djunaedy, R.P. 2020. Penerapan pembelajaran online dengan model problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95-108.

Dyan, R. 2021. Pengaruh model pembelajaran windows shopping berbantuan geoenzo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Ekayani, P. 2017. Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. 2017. Pemanfaatan smartphone android sebagai media pembelajaran bagi guru SMA Negeri 2 kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 42-47.

Inah, E. N. 2015. Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Indrastyawati, C., Paidi, P., & Ciptono, C. 2016. Pengembangan media pembelajaran sistem indera berbasis android untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 50-56.

Istiqlal, M. 2017. Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1).

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.

Khuzaini, N., Marhaeni, N.H., & Nuryadi, N. 2022. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Software Sparkol VideoScribe di SMA Dharma Amiluhur. Journal of Human and Education (JAHE), 2(2), 19-25.

Muliaman, A., & Mellyzar. 2020. Metope. Journal of Chemsitry in Education, 9(2), 1–5.

Nurdyansyah, & Aini, Q. 2017. Peran teknologi pendidikan pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab?: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124–140.

Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. 2022. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(1), 257-267.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15.

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Alotrop, 5(2), 168-174.

Ramadhan, A.F., Nuryadi, N., Marhaeni, N.H., & Rachmawati, A. (2022). Students’ Response Toward Teman Ritma Application as Mathematical Learning Media. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 8(1), 39-48.

Rahmah, N. 2013. Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Sihaloho, G.T., Sitompul, H., & Appulembang, O.D. 2020. The role of christian teachers in improving active learning in mathematics in a christian school. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 200-215

Subianto, J. 2013. Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331-354.

Suendarti, M., & Liberna, H. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339.

Surahmadi, B. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil belajar Peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1123-1127.

Utami, Y.P., & Cahyono, D.A.D. 2020. Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. 2017. Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25–30.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles