PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DENGAN PENDEKATAN PMRI

Authors

  • Diana Novitasari Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Keywords:

E-Modul, PMRI, Pengembangan, SPLTV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan pendekatan PMRI yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial E-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket dan tes. Objek penelitian ini adalah pengembangan E-Modul materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan pendekatan PMRI. Hasil penelitian menunjukan E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, dengan skor rata-rata 81,21%. E-Modul dinyatakan praktis berdasarkan penilaian dari angket respon peserta didik dengan skor 86,63%. Efek potensial E-Modul dilihat berdasarkan hasil tes belajar peserta didik dengan persentase sebesar 87,5%. Produk yang dihasilkan yaitu E-Modul materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV) dengan menggunakan pendekatan PMRI layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4).

Dahlan, A. H. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-14.

Dewi, S. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia, 5(1), 632 – 640.

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta didik. Maju, 7(2).

Kadir, & La, M. (2016). Penggunaan Konteks dn Pengetahuan Awal Matematika Dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52-66.

Kemdikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Jakarta: Direkktorat Pembinaan SMA.

Kuswanti, y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Peserta didik pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan, 3(7), 866.

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Mulyatiningsih, E.(2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Mustami, M. K., Suyuti, M., & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spriritual Islam. Jurnal Al-Qalam, 23(1), 70-76.

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Peserta didik Pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar peserta didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 2(1), 94.

Rahman, A. A., & Fauziana. (2018). Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Peserta didik SMP Melalui Pembelajaran SCientific Approach. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 29-40.

Sigit, J., Utami, C., & Prihatiningtyas, C. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Peserta didik pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang. Variabel, 1(2), 64.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahapeserta didik . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264-275.

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. PRISMA.10(1), 54-63.

Wijaya, A. (2020). Pendidikan Matematika Realistik suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, A. A., Dafik, & Susanto. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Whole Brain Teaching pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Hasil belajar dan Aktivitas Peserta didik Tunarungu Kelas VIII B SMPLB Sinar Harapan Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi Unej, 1(2), 40.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles