ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUWAWA TIMUR

Authors

  • Yulianti Pakaya

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.917

Keywords:

Hakekat Belajar, Hasil Belajar, Gender, Persegi dan Persegi Panjang

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Suwawa Timur yang berjumlah 22 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berupa soal objektif materi persegi dan persegi panjang. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa ada 4 yaitu : pengetahuan (C1), Pemahaman (C2). Aplikasi (C3), dan Analisis (C4). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa laki-laki sebesar 46,06% dan nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa perempuan sebesar 55,76%. Berdasarkan analisis hasil belajar matematika siswa pada materi persegi dan persegi panjang bahwa hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih rendah dari pada hasil belajar matematika siswa perempuan. Rata-rata presentase capaian kemampuan hasil belajar siswa menurut tiap indikator yaitu sebagai berikut : Rata-rata nilai pengetahuan siswa laki-laki (45,45) dan siswa perempuan (81,81), Rata-rata nilai pemahaman siswa laki-laki (47,27) dan siswa perempuan (58,18), Rata-rata nilai penerapan siswa laki-laki (44,32) dan siswa perempuan (52,27), Rata-rata nilai analisis siswa laki-laki (54,55) dan siswa perempuan (45,45) yang berarti hasil belajar siswa pada tiap indikator masih belum tuntas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yulianti Pakaya

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

References

Abdullah, 2003. Penelitian Berwawan Gender. Humaniora. 15(2), 265-275

As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Pembukaan, Balitbang, Kemendikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dmiyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Firmanto , 2013. Kecerdasan, Kreativitas, task commitmen dan jenis kelamin sebagai prediktor prestasi hasil belajar siswa. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi, Magister Psikologi UMM. 1(1), 26-36.

Kemdikbud, 2016. Buku Matematika Siswa SMP/MTS kelas VII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Machmud, Tedy. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Strategi Scaffolding. Disertasi pada sekolah pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan

Muri Yusuf, M.pd ,Prof. 2015. Asesemen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprahatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA

Supriyanto, A. 2014. Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al-Quran(Mta) Gemolong Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(10), 1056-1068

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles