ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUWAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.917Keywords:
Hakekat Belajar, Hasil Belajar, Gender, Persegi dan Persegi PanjangAbstract
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Suwawa Timur yang berjumlah 22 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument tes hasil belajar berupa soal objektif materi persegi dan persegi panjang. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa ada 4 yaitu : pengetahuan (C1), Pemahaman (C2). Aplikasi (C3), dan Analisis (C4). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa laki-laki sebesar 46,06% dan nilai rata-rata presentase hasil belajar siswa perempuan sebesar 55,76%. Berdasarkan analisis hasil belajar matematika siswa pada materi persegi dan persegi panjang bahwa hasil belajar matematika siswa laki-laki lebih rendah dari pada hasil belajar matematika siswa perempuan. Rata-rata presentase capaian kemampuan hasil belajar siswa menurut tiap indikator yaitu sebagai berikut : Rata-rata nilai pengetahuan siswa laki-laki (45,45) dan siswa perempuan (81,81), Rata-rata nilai pemahaman siswa laki-laki (47,27) dan siswa perempuan (58,18), Rata-rata nilai penerapan siswa laki-laki (44,32) dan siswa perempuan (52,27), Rata-rata nilai analisis siswa laki-laki (54,55) dan siswa perempuan (45,45) yang berarti hasil belajar siswa pada tiap indikator masih belum tuntas
Downloads
References
Abdullah, 2003. Penelitian Berwawan Gender. Humaniora. 15(2), 265-275
As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2017. Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VII Semester 2. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Pembukaan, Balitbang, Kemendikbud.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dmiyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Fakih, Mansour. 2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Firmanto , 2013. Kecerdasan, Kreativitas, task commitmen dan jenis kelamin sebagai prediktor prestasi hasil belajar siswa. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi, Magister Psikologi UMM. 1(1), 26-36.
Kemdikbud, 2016. Buku Matematika Siswa SMP/MTS kelas VII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Machmud, Tedy. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Strategi Scaffolding. Disertasi pada sekolah pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan
Muri Yusuf, M.pd ,Prof. 2015. Asesemen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprahatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
Supriyanto, A. 2014. Karakteristik Berpikir Matematis Siswa SMP Majelis Tafsir Al-Quran(Mta) Gemolong Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(10), 1056-1068