ANALISIS KESULITAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kesulitan, Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah 17 orang siswa di kelas V SDN no 6 Kota Barat Kota Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 57,87. Kemudian kesulitan siswa berdasarkan indikator yaitu pada kesulitan fakta sebesar 41,81%, kesulitan konsep sebesar 62,61, kesulitan prinsip sebesar 62,82%, dan kesulitan operasi sebesar 64,29%. Adapun faktor-faktor yang membuat kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yaitu faktor intern dan ekstern. Diharapkan guru dalam memberikan materi operasi hitung pecahan lebih menekankan terhadap penguasaan konsep, prinsip, dan operasi kepada siswa. Sehingga kesulitan belajar pada materi operasi hitung bilangan pecahan bisa diminimalisir.
Downloads
References
Amaliyah, A., Rini, C.P., Hartantri, S.D., & Yuliani, S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Indonesia Journal of Elementary Education. Vol. 2 No. 1. E-ISSN: 2722-6689
Nasiruudin, F.A., Hayati. 2019. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science. Vol. 1. p-ISSN: 2656-9914
Dewi, N.K., dkk. 2020. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Jurnal Primatika. Vol 9 No. 2
Fidayanti, Meta, dkk. 2020. Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol. 3 No.1. P-ISSN: 2615-6148
Jamaris, Martini. 2013. Kesulitan belajar: Persepektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia
Machmud, T. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Learning Dengan Strategi Scaffolding. Disertasi: pada sekolah pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Panggabean, R.F.S.B., Tamba, K.P. 2020. Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal [Difficulty In Learning Mathematics: Prior Knowledge Analysis]. JOHME: Journal of Mathematics Education. Vol. 4 No. 1. E-ISSN: 2598-6759
Yeni, E.M. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 2. JUPENDAS, ISSN:2355-3650