DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUWAWA TIMUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI SEGI EMPAT DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.915Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Segiempat, Perbedaan GenderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Timur dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segiempat ditinjau dari perbedaan gender, dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa Timur semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 30 orang yang diambil secara acak yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi segiempat ditinjau dari perbedaan gender. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif ada 4 indikator yaitu: (1) Kelancaran (fluency); (2) keluwesan (flexibility); (3) Keaslian (originality); (4) Keterperincian (elaboration). Teknik analisis data yang digunakan dalam bentuk persentase dengan kriteria pengkategorian standar deviasi untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa perempuan maupun siswa laki-laki pada materi segiempat berada pada kategori sedang (43,86%)
Downloads
References
Anggi Citra Widyastuti, Dicky Permana, Indah Puspita Sari. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dilihat Dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif. Vol.1, No.2, ISSN: 2614-2155
D. Narwoko dan B. Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta; Kencana Prenada Media
Fajriah, Noor, Asiskawati, Eef. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 3, 2
Febryana, Devi. 2018. Profil Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gender. Journal of Mathematics Education Vol.4, No.1, ISSN: 2477-4758
Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif : UPI Sumedang Press
Nurmitasari dan Robia Astuti. 2017. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa MTs Pada Bangun Datar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Edumath, Volume 3, No. 2, ISSN: 2356-2056
Rudi Restanto, Helti Lygia Mampouw. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Numeracy, Vol.5
Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
Sundayana, H Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Uno, H. B. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Uno, H. B.2009. Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Asara
Zubaidah Amir MZ. 2013. Prespektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung; Unversitas Pendidikan Indonesia Bandung