PEMANFAATAN ALAT PERAGA MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.891Keywords:
Media pembelajaran/alat Peraga, rasa ingin tahu, prestasi belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: 1) bagaimana pemanfaatan media pembelajaran/alat peraga matriks guna meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika pada materi matriks bagi siswi kelas XI IPA SMAI AR-ROFI’IYYAH tahun 2022/2023. Metode penelitian ini mengarah pada penelitian tindakan kelas yang akan dikembangkan dengan berbagai model pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus ini memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya rasa ingin tahu dan prestasi belajar sisiwi kelas XI IPA SMAI AR-ROFI’IYYAH terhadap pemanfaatan media pembelajaran/alat peraga matriks yang digunakan saat pembelajaran didalam kelas. Dilihat dari kondiri awal sampai kondisi akhir, banyaknya siswi kelas XI IPA mempunyai tingkat rasa ingin tahu dari 4 siswi menjadi 15 siswi lanjut sekitar 34,38% Juga sama dengan hasil peningkatan yang diperoleh siswi kelas XI IPA terhadap prestasi belajar matematika pada materi matriks. Hal tersebut menunjukkan kepada siswi kelas XI IPA bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran/ Alat Peraga Matriks untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika pada materi matriks.
Downloads
References
Firdausi, A., Putra, E. D., & Lutfiyah, L. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Terbuka 1 Gumukmas. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.313
Indah Widyaningrum, W. (2021). Penerapan Alat Peraga Domino Cards Dan Kotak Matriks Pada Materi Perkalian Matriks Penerapan Alat Peraga Domino Cards Dan Kotak Matriks Pada Materi Perkalian Matriks rapan Alat Peraga Do ino Cards otak Matriks Pada Materi Per alian M Terhadap Hasil Belaja. 4(2), 79–85.
Model, P., Kooperatif, P., Alat, M., Kotak, P., Matriks, D., Hasil, M., Siswa, B., Universitas, W., & Pgri, I. (2022). Application of Cooperative Learning Model Using the Determinant Matrix ( Codetic ) Box Pros to Increase Student Learning Outcomes. 50–53.
Rohman, Y. (2021). Alat Peraga Matematika - Pabudera. 202151033, 4.
Setiyadi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Berbantukan Lembar Kerja Siswa Lambang Bilangan Romawi Melalui Strategi TANDUR di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Hasil Penelitian (Semarang: Prodi Pendidikan Dasar Kons. Pendidikan Matematika, 1, 954–962.
Subakti, S., Nurdin, N., Yusuf, R., Jamaludin, J., & Hulfian, L. (2019). Road Show Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Di SMAN 1 Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Abdi Masyarakat, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.36312/abdi.v1i2.974
Untuk, D., Persyaratan, M., Memperoleh, G., & Sarjana, G. (2021). Pengaruh alat peraga komat (kotak matriks) terhadap hasil belajar siswa materi determinan matriks pada kelas xi mia sma negeri 17 seram bagian barat skripsi.