PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Authors

  • Riska Gustiarti Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Rosliana Siregar Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Isnaini Halimah Rambe Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.890

Keywords:

Lembar kerja peserta didik, HOTS, , Liveworksheets, Thiagarajan 3-D, Literasi Matematis

Abstract

 

Penelitian ini membahas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis HOTS berbantuan liveworksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, namun dimodifikasi sampai tahap 3-D yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Desain (design), dan (3),pengembangan (development). Pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS bertujuan untuk meningkatkan literasi metematis siswa. Sumber data penelitian diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan soal test untuk mengetahui peningkatan literasi matematis. Hasil dari penelitian memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian 4 orang validator produk dengan skor rata-rata keseluruhan 88% , kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa dengan skor rata-rata 4,5 berada pada kategori sangat praktis, dan keefektifan perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran dikatakan efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 88%, Ketercapaian tujuan pembelajaran indikator 1 95,5%, Indikator 2 mendapat hasil 92% tercapai, Indikator 3 mendapat hasil 100% tercapai, Indikator 4 mendapatkan hasil 94% tercapai, Indikator 5 mendapat hasil 95% tercapai, Indikator 6 mendapat hasil 94% tercapai, Indikator 7 mendapatkan hasil 100% tercapai. Siswa yang merespon positif ditinjau dari angket respon siswa mendapatkan hasil 80% siswa merespon positif angket respon siswa yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, A.M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F.A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir.

Nolaputra, A. P, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Jurnal Prisma 1 (Prosiding Seminar Nasional Matematika). Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Nugroho, A. A., & Setiyawati, N. (2019). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi It Investment Log Berbasis Web (Studi Kasus?: PT. XYZ). Jurnal of Business and Audit Information Systems, 2(1), 38-47

OECD. 2019. PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing

Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika, 1-25.

Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers

Downloads

Published

2022-10-30